Indonesia Positif

Permudah Penyusunan Anggaran, BPKAD Kenalkan E-Budgeting

Senin, 02 Desember 2019 - 10:25 | 42.10k
Sosialisasi Integrasi E-Planning dan E-Budgeting dengan Simda Keuangan selama tiga Rabu – Jum’at (27-29/11/2019) di Hotel Pelangi Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Sosialisasi Integrasi E-Planning dan E-Budgeting dengan Simda Keuangan selama tiga Rabu – Jum’at (27-29/11/2019) di Hotel Pelangi Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUANPemkot Pasuruan melalui Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kota Pasuruan menyelenggarakan Sosialisasi Integrasi E-Planning dan E-Budgeting dengan Simda Keuangan selama tiga Rabu – Jum’at (27-29/11/2019) di Hotel Pelangi Malang.

Sosialisasi ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo. Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Plt. Asisten Perekonomian Dan Pembangunan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, dan narasumber dari Khasanah Konsultama.

Plt. Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Kota Pasuruan, Mochammad Amien, menyampaikan, dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran APBD. Sehingga anggaran yang disusun oleh Perangkat Daerah sesuai dengan alokasi belanja, memiliki dasar analisis biaya yang akurat dan akuntabel dan sesuai dengan RPJMD.

“Melalui e-budgeting, mempermudah Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Perangkat Daerah dalam proses penyusunan anggaran, sehingga proses penyusunan anggaran semakin mudah dan cepat karena sudah tersistem dan terintegrasi dengan e-planning dan e-budgeting dengan Simda Keuangan,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, mengajak peserta sosialisasi untuk  meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban keuangan.

“Pentingnya kegiatan sosialisasi integrasi e-planning dan e-budgeting dengan Simda keuangan ini diterapkan dan dimaksimalkan untuk melakukan pembenahan-pembenahan dalam pengelolaan keuangan daerah. Sehingga setiap permasalahan yang muncul pada waktu penyusunan perencanaan dan penganggaran yang selama ini terjadi dapat segera diatasi," tuturnya.

Dengan terintegrasi E-planning dan E-Budgeting dengan Simda Keuangan, Anggaran Daerah Pemkot Pasuruan makin transparan dan akuntabel. Lebih mudah dalam menyusun dan mengkoreksi RKA dan DPA serta memudahkan dalam menyusun dan membuat laporan-laporan yang dibutuhkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES