Peristiwa Daerah

Kader NU Kecamatan Dukun di Gresik Menggelar Donasi Air Bersih

Senin, 02 Desember 2019 - 21:12 | 46.42k
Warga saat berebut air bersih (FOTO: Syafik for TIMES Indonesia).
Warga saat berebut air bersih (FOTO: Syafik for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Kader NU di Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik (Kader NU Gresik), Jawa Timur, menggagas program donasi air bersih. Program itu kemudian disalurkan melalui kepada delapan desa terdampak di kecamatan tersebut.

Dropping air bersih kali ini didistribusikan ke Desa Madumulyorejo, Dukuhkembar, Baron dan Bangeran. Ke depan, para kader NU juga akan memberikan bantuan air bersih ke desa yang membutuhkan air bersih.

Dalam sekejap, armada tersebut langsung diserbu ibu-ibu dengan membawa timba, jurigen, galon dan tempat air yang lain. Panitia pembagian air melakukan pembagian sehingga merata ke seluruh masyarakat.

Sekretaris MWC NU Dukun M Syafik mengatakan, program yang digagas merupakan salah satu langkah responsif terhadap bencana kekeringan yang membuat beberapa desa di bantaran Sungai Bengawan Solo mengalami kekurangan air bersih.

"Upaya Lazisnu dalam melayani umat. Permintaan akan bantuan air semakin besar terutama di desa yang berada di bantaran Sungai Bengawan Solo, warga sangat membutuhkan air bersih," katanya, Senin (2/12/2019).

Secara teknis, dikatakan Syafik para pengurus mengumpulkan donasi berupa uang kemudian disalurkan ke masyarakat berupa air bersih. "Total donasi air dapat 3.500.000," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu Kader NU Afandi mengungkapkan, kegiatan ini merupakan hal positif yang harus dilakukan secara masif. Selain itu, sinergi dalam kerjasama ini yang harus dilakukan berkelanjutan. 

"Air ini dari Allah dan akan kembali ke Makhluq Allah. Maka gunakanlah sesuai dengan kebutuhan," ungkap Kader NU Gresik yang turut melakukan donasi air bersih untuk menanggulangi kekurangan air akibat kemarau panjang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES