Ekonomi

Tata Keuangan BUMDes, Pemkab Bondowoso Segera Terapkan SIA BUMDes

Senin, 02 Desember 2019 - 20:39 | 45.19k
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bondowoso, Abdurrahman (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bondowoso, Abdurrahman (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), segera terapkan aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUMDes).

Hal tersebut untuk menata transparansi keuangan BUMDes.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur, melakukan sosialisasi aplikasi tersebut kepada pengelola BUMDes di Bondowoso, Senin (2/12/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan  Desa (DPMD) Bondowoso, Abdurrahman mengatakan, aplikasi tersebut pneting untuk seluruh pengelola BUMDes.

"Mereka selama ini sistemnya hanya sebatas pembukuan saja. Makanya kita akan tata lebih baik lagi," katanya.

Menurutnya, melalui aplikasi SIA BUMDesa, manajemen akuntansi BUMDes baik itu pembukuan pencatatan transaksi keuangan, maupun pelaporan keuangan BUMDes dapat dilakukan secara profesional dan aplikatif.

"Jadi bagaimana pembukuannya. Sehingga tata kolalanya biar nampak jelas. Dana itu digunakan untuk apa, dan bagaimana progresnya," jelasnya.

Dia berharap, dengan hadirnya aplikasi SIA BUMDes dapat membantu para pengurus atau pengelola BUMDes di Bondowoso dalam mengelola setiap unit-unit BUMDes. "Sehingga dapat meningkatkan kualitas transparansi tata kelola keuangan BUMDes. Saya ingin keuangan di BumDes dari berbagai sumber bisa dipertanggungjawabkan dengan baik," tegasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES