Pendidikan

Siaga Erupsi Gunung Bromo, Tim Universitas Brawijaya Ciptakan Aplikasi 'Bromo Siaga'

Senin, 02 Desember 2019 - 19:26 | 29.19k
Tampilan display aplikasi Bromo Siaga yang dapat didownload di Play Store. (Foto: Istimewa)
Tampilan display aplikasi Bromo Siaga yang dapat didownload di Play Store. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim peneliti Universitas Brawijaya (UB) Malang lagi-lagi menunjukkan inovasinya. Kali ini, kampus ternama di Indonesia ini membuat aplikasi berbasis android bernama Bromo Siaga.

Aplikasi ini merupakan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Doktor Mengabdi tahun 2019 dengan judul kegiatan “Aplikasi Berbasis Android sebagai Sarana Siaga Bencana terhadap Ancaman Erupsi Gunung Bromo”.

Tim pembuatan aplikasi berbasis android dengan judul Bromo Siaga ini diketuai oleh Dr. Eng. Fadly Usman, ST., MT bersama Eddy Basuki Kurniawan ST MT dan Muhammad Fathoni sebagai anggota. Fadly juga melibatkan masyarakat dan instansi terkait dalam pembuatan aplikasi ini.

Fadly menjelaskan bahwa aplikasi ini bisa menjadi produk unggulan terbaru sebagai sarana bagi edukasi warga maupun wisatawan untuk mengetahui kondisi terkini Gunung Bromo.

“Selain untuk mengetahui tujuan wisata favorit di sekitar Gunung Bromo, pengguna juga bisa mengetahui lokasi titik evakuasi ketika terjadi bencana erupsi,” ungkapnya.

"Mereka kan yang lebih tahu, jadi konten yang ada di aplikasi kami selalu meminta pendapat masyarakat dan pemerintah setempat,” lanjut Fadly.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Ir. Anggit Hermanuadi, M.Si mengapresisai kegiatan dan inovasi ini.

Menurutnya, aplikasi Bromo Siaga merupakan inovasi baru yang memudahkan masyarakat utamanya yang berada di sekitar Bromo terkait tindakan mitigasi bencana. “Tak hanya masyarakat kami, tapi juga wisatawan, maupun stakeholder terkait ntuk melakukan tindakan-tindakan mitigasi bencana yang diperlukan ketika erupsi Gunung Bromo terjadi,” ujarnya.

Aplikasi Bromo Siaga dapat diunduh di Google Play Store. Aplikasi ini dilengkapi fitur seperti Home, Shelter (titik evakuasi), Vlog, dan CCTV.

Fitur Home berisi informasi terkait Gunung Bromo seperti kisah, sejarah dan kejadian-kejadian terdahulu terkait erupsi Gunung Bromo. Bagaimana erupsi terjadi, tujuan wisata favorit, dan informasi lainnya.

Fitur shelter merupakan fitur unggulan dari aplikasi bromo siaga. Fitur ini berisi informasi dasar tentang tempat evakuasi sementara seperti sebaran shelter, informasi shelter berupa nama bangunan, letak bangunan, jumlah lantai, kapasitas, dan letaknya di dalam zona KRB/Kawasan Rawan Bencana), jalur evakuasi, serta estimasi waktu tempuh.

Pada fitur vlog, pengguna dapat melihat video yang sudah diunggah oleh para vlogger wisatawan Gunung Bromo.

Adapun fitur CCTV merupakan sarana bagi masyarakat untuk mengetahui kondisi terkini dan terupdate, khususnya view yang langsung menunjukkan kondisi Gunung Bromo terkini secara live.

Aplikasi Bromo Siaga yang digagas Tim Peneliti Universitas Brawijaya (UB) Malang ini diharapkan membantu masyarakat baik wisatawan maupun masyarakat lokal terkait ancaman erupsi Gunung Bromo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES