Peristiwa Daerah

Panitia Getih Getah Gula Klapa Berikan Apresiasi kepada Ibra Galuh Trisida

Senin, 02 Desember 2019 - 17:50 | 36.24k
Ketua Panitia Getih Getah Gula Klapa menyerahkan Piagam penghargaan kepada Ibra Galuh Trisida. (Foto: Rahmanto Adi)
Ketua Panitia Getih Getah Gula Klapa menyerahkan Piagam penghargaan kepada Ibra Galuh Trisida. (Foto: Rahmanto Adi)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Panitia Getih Getah Gula Klapa menunaikan janji untuk memberikan apresiasi kepada Ibra Galuh Trisida. Apresiasi berupa sertifikat dan peralatan sekolah diserahkan langsung oleh ketua panitia Getih Getah Gula Kelapa pada acara njenang sum sum pada Minggu (1/12/2019) malam. 

Galuh yang masih duduk di kelas 5 SD itu tanpa lelah dan penuh semangat turut membantu panitia Getih Getah Gula Klapa untuk mensukseskan acara yang digelar Komunitas Sulud Sukma Blitar itu.

"Galuh  membantu persiapan Getih Getah Gula Klapa mulai sejak pagi. Tidak hanya itu, ketika acara pun ia mengikuti sampai selesai dan ikut membersihkan pelataran candi Simping usai acara," kata Rahmanto Adi, ketua panitia Getih Getah Gula Klapa, Senin (2/12/2019).

Menurut Rahmanto, Galuh adalah contoh warga Blitar khususnya warga Desa Sumberjati yang mencintai Candi Simping sebagai warisan leluhur. Saat dewasa nanti, Rahmanto berharap Galuh akan menjadi seseorang yang mampu menjaga dan melestarikan warisan budaya yang ada di desa Sumberjati.

"Pada saat acara Getih Getah Gula Klapa, Galuh bersama saya mengibarkan bendera Majapahit  ketika lagu Indonesia Pusaka dikumandangkan oleh para hadirin," ujarnya. 

Apresiasi itu, kata Rahmanto, merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Blitar dalam hal ini Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbupora) yang telah menyiapkan peralatan sekolah untuk diberikan kepada Galuh. 

"Terima kasih kepada pak kepala disparbudpora, telah menyediakan alat sekolah yang saya serahkan kepada Galuh," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disparbupora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, pemberian apresiasi dan penghargaan kepada Galuh dengan tujuan supaya ia lebih semangat dalam belajar sehingga cita cita melestarikan budaya leluhur akan lebih mudah tercapai nantinya. 

"Semoga yang kami berikan bisa menjadi penyemangat Galuh dalam belajar," ucapnya. 

Pagelaran Getih Getah Gula Klapa berlangsung Minggu (17/11/2019) di Candi Simping, Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Getih Getah Gula Klapa digelar oleh Komunitas Sulud Sukma bekerja sama dengan Karang Taruna Nusantara 1 Desa Sumberjati dan masyarakat setempat. Bupati Blitar bersama Kepala Disparbupora Kabupaten Blitar serta Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Blitar juga hadir pada acara tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES