Indonesia Positif

BPD Desa Pesanggrahan ikuti Pembinaan dan Evaluasi Kinerja Kecamatan/Desa-Kelurahan se Kota Batu

Senin, 02 Desember 2019 - 10:33 | 98.01k
Drs. Zadim Efisiensi, M. si. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Drs. Zadim Efisiensi, M. si. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Anggota BPD Desa Pesanggrahan Masa bakti 2019 sampai dengan 2025 yang baru saja dilantik oleh Walikota Batu pada 14 November 2019 lalu, tengah mengikuti Program Pembinaan mental melalui ESQ/Mindset.

Pelatihan ini digelar oleh bagian Pemerintahan Kota Batu, bertempat di Hotel Paiton Resort Probolinggo selama 2 hari ((30 november hingga 1 Desember 2019). Kegiatan ini ditujukan sebagai modal awal anggota BPD dalam menjalankan tugas dan berkolaborasi dengan Kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Kegiatan ini juga dihadiri oleh anggota BPD didampingi camat dan Kepala Desa se Kota Batu.

Dalam sambutannya Drs. Zadim Efisiensi, M.si Setda Kota Batu mengemukakan bahwa dengan beratnya tugas dan tanggung jawab BPD yang semakin tahun kian meningkat dan perubahan-perubahan sistem pemerintahan yang baru.

Out-bond.jpgKegiatan Out bond seluruh anggota BPD se Kota Batu

Maka dipandang perlu adanya Pembinaan untuk anggota BPD se kota Batu untuk meningkatan kapasitas anggota BPD dalam rangka melakukan penampungan dan pengolahan aspirasi masyarakat, dan berkolaborasi dengan Kepala Desa mengawasi kinerja pemerintahan desa terutama pada penyusunan APBDes.

Ia juga mengungkapkan bahwa ada area-area pemantauan KPK yang tiap tahun nya selalu dievaluasi yaitu E Budgeting and Planning, Pelayanan Perijinan Terpadu, Penyediaan Barang dan Jasa, Manajemen Live Skill, Pendapatan Asli Daerah, Pengadaan Barang Milik Daerah, dan Dana Desa.

Zadim menegaskan yang terpenting adalah penyusunan APBDes, untuk menyamakan presepsi seluruh anggota BPD ia menyarankan agar BPD se Kota Batu perlu untuk membentuk sebuah Asosiasi sebagai wadah BPD se Kota Batu.

Anggota-BPD.jpgAnggota BPD Pesanggrahan Masa tugas 2019-2025

Selanjutnya di hari kedua seluruh anggota BPD se Kota Batu mengikuti pelatihan out bond untuk membangun silaturahmi dan solidaritas antar BPD se Kota Batu dan membangun karakter seorang pemimpin yang fokus terhadap pekerjaannya dan mampu menerima perkembangan dan perubahan-perubahan yang terjadi pada Pemerintahan Desa maupun Kota. 

Ir. Bachtiar Isa anggota BPD Desa Pesanggrahan yang merangkap ketua bidang Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat desa. "Kegiatan pembinaan ini sangat diperlukan untuk bekal BPD dalam menjalankan tugas dan fungsinya bersama Kepala Desa dalam membangun masyarakat Desa, semoga setelah pembinaan ini anggota BPD Desa Pesanggrahan dapat lebih baik lagi dalam mengemban tugas amanah masyarakat dengan baik dan benar," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES