Peristiwa Nasional

PBNU Tepis Tuduhan Habib Rizieq Soal Dukungan ke Ahok di Pilkada 2017

Senin, 02 Desember 2019 - 11:37 | 52.50k
Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) menepis tudingan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Syihab yang menyebut ormas islam terbesar di Indonesia itu ikut andil dalam upaya memenangkan  Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

"Tidak benar. Misalnya, banyak pribadi-pribadi juga kita lihat yang mendukung Anies juga banyak. Saya pribadi dengan Pak Anies sahabat baik sejak aktivis mahasiswa dulu. Jadi nggak ada itu," tegas Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini kepada wartawan, di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Saat Reuni 212 tadi pagi, Rizieq bicara mengenai kasus penistaan agama yang menjerat Ahok. Ia mengatakan Ahok bisa lengser lantaran adanya kebersamaan umat Islam, meski didukung PBNU. Bahkan Habib Rizieq menyebut ada kekuatan luar negeri yang turut membela Ahok kala itu.


Atas tudingan itu, Helmy menegaskan, secara organisasi,  PBNU tidak pernah berpolitik praktis. Menurutnya, apa yang dilakukan PBNU adalah politik kebangsaan. "NU bukan partai politik jadi tidak terikat dalam Pilgub, Pilpres, Pileg ataupun Pilbup. Kalau person-person itu menggunakan hak dipilih atau memilihnya itu bersifat pribadi," ucapnya.

PBNU ditegaskan Helmy tidak pernah mengeluarkan pernyataan dukung mendukung terhadap pasangan tertentu, baik di Pilkada maupun saat Pilpres 2019 kemarin. 

"Di Pilpres kemarin juga kan tidak ada secara resmi dukungan NU. NU sebagai Ormas keagamaan, sebagai jamiah diniah ijtimaiyah apa yang dilakukan oleh NU adalah politik kebangsaan bukan politik praktis," imbuh dia.

Terlepas dari itu, Helmy sendiri mengapresiasi acara Reuni 212. Menurutnya, acara tersebut berjalan lancar dan diisi dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Apresiasi bahwa Reuni 212 berjalan aman damai tertib, kami juga apresiasi acaranya maulid akbar," tandas Helmy, Sekjen PBNU menepis tudingan Habib Rizieq soal dukungan terhadap Ahok di Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 silam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES