Peristiwa Daerah

FMPB Gelar Deklarasi Wujudkan Desa Mandiri dan Maju

Minggu, 01 Desember 2019 - 22:07 | 79.22k
Suasana acara deklarasi Forum Mahasiswa Palengaan Bersatu (FMPB) yang berlangsung di Kecamatan Palengaan.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
Suasana acara deklarasi Forum Mahasiswa Palengaan Bersatu (FMPB) yang berlangsung di Kecamatan Palengaan.(Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Forum Mahasiswa Palengaan Bersatu (FMPB) menggelar deklarasi untuk mengajak Pemerintah dan masyarakat mewujudkan perubahan desa ke arah desa mandiri dan maju, Minggu (1/12/2019).

Acara deklarasi yang berlangsung di kantor Kecamatan Palengaan dihadiri Halili Ansori, M.Pd, ketua KPU Pamekasan, Haqi, M.Pd Sekjen PSSI Pamekasan dan Muhammad Azmi Mahasiswa Palengaan.

Selain itu, juga turut mengundang peserta dari mahasiswa, masyarakat serta 12 desa yang ada di Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan.

Lutfiadi, pembina FMPB mengatakan bahwa kegiatan yang mengangkat tema "Bersama Mahasiswa Palengaan Wujudkan Perubahan" bertujuan untuk menyatukan visi-misi mahasiswa dan Pemerintah setempat dengan masyarakat agar terwujud desa yang mandiri dan maju.

"Maka dengan adanya forum ini nanti dapat bersinergi antar pemerintah, masyarakat dan mahasiswa dengan mengadakan kegiatan positif seperti sunatan massal serta kegiatan lainnya yang sesuai dengan aturan yang ada," ungkap mahasiswa IAIN Madura ini.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa dengan adanya forum ini desa dapat mengembangkan kegiatan khusus yang efektif serta dapat mengatasi masalah yang ada.

"Jadi forum ini juga berfungsi untuk menjaga nilai-nilai budaya daerah agar tidak luntur di tengah arus modernisasi yang ada di desa  Selain alasan tersebut, organisasi mahasiswa desa juga berperan dalam menjaga semangat dan cita-cita untuk kembali membangun desa," ujarnya.

Dengan demikian, menurut Lutfi, FMPB akan selalu membantu pemerintah dalam membangun desa mandiri yang yang maju dan berkembang. "Jadi bagaimana desa ini tidak lagi menjadi desa yang tertinggal, tapi bagaimana melalui dorongan forum serta masyarakat desa ini menjadi desa yang maju dan berkembang," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES