Peristiwa Daerah

Program JKN-KIS Ringankan Beban Guru SD di Waingapu ini

Minggu, 01 Desember 2019 - 18:59 | 83.08k
Yuliana Kaborruk salah seorang peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Waingapu(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
Yuliana Kaborruk salah seorang peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Waingapu(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bisa membantu meringankan beban peserta yang menderita sakit hingga menjalani perawatan di Rumah Sakit.

Hal itu disampaikan seorang peserta JKN-KIS Yuliana Kaboruk (57) asal Praliu Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur, Minggu (1/12/2019).

“Saya seorang guru di salah satu sekolah dasar. Sedang menjalani pengobatan diabetes melitus yang sudah bertahun-tahun, dengan menggunakan JKN-KIS. Semua biaya dapat terbantu dan tidak ada kendala sama sekali,” kata Yuli.

Menurutnya, sebelum menjalani rawat inap, ia sempat menjalani rawat inap di rumah sakit hampir sebulan lamanya. Dengan menggunakan kartu JKN-KIS, semua biaya  yang dibebankan dapat diatasi serta pelayanan di rumah sakitpun cepat dan bagus.

“Jadi saya seperti pasien yang lain, terlebih dahulu memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan tingkat pertama. Setelah itu pemeriksaan dokter keluarga, baru saya dirujuk kerumah sakit sesuai kondisi saya untuk dirawat inap dan sekarang saya sudah melakukan rawat jalan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan,  dengan program JKN-KIS tersebut dia merasa sangat terbantu. Oleh karenanya, dia akan  terus mendukung program JKN-KIS dengan dengan membayar iuran secara rutin.

“Kita bukan hanya menikmati program JKN-KIS tetapi kita juga harus rutin membayar iuran agar program JKN-KIS terus berjalan baik. Seperti saya, dapat terbantu atas iuran peserta yang lain, jadi disini kita harus saling bantu membantu,” ujarnya.

Yuli menambahkan, program JKN-KIS adalah semangat gotong royong di mana iuran peserta yang sehat membantu mengurangi beban peserta yang sakit. "Kita diajak untuk berkontribusi positif dengan mendaftar sebagai peserta JKN-KIS serta membayar iuran tepat waktu agar program ini dapat berjalan dan berkesinambungan," kata guru SD di Waingapu ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES