Peristiwa Daerah

Pengamat: Perpres No 80 2019 Sesuai Visi Wawali Whisnu Sakti di Sektor Transportasi Publik

Minggu, 01 Desember 2019 - 11:48 | 234.44k
Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. (Foto: Istimewa)
Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Peraturan Presiden (Perpres) No. 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi di kawasan Gerbangkertosusila dipandang Kaprodi Sosiologi UNESA, Sri Sadewo, memiliki benang merah yang sama dengan visi misi Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana di sektor transportasi publik.

Penerbitan Perpres itu sendiri ditindaklanjuti dengan percepatan pembentukan tim taskforce terkait penyediaan transportasi publik termasuk opsi MRT-LRT oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Sangat sinkron itu sudah. Dengan begitu, bakal terkoneksi. 5 tahun ke depan, kondisi Surabaya dan sekitarnya diprediksi tidak jauh berbeda dengan kawasan Jabodetabek. Kemacetan bakal mendominasi jalanan," ujar Sadewo, Minggu (1/12/2019).

"Saya pernah itu uji coba itu duduk di daerah Gedangan jam 7 pagi. Selama 15, ada sekitar seribu kendaraan bermotor yang melintas mengarah ke Surabaya. Bayangkan bagaimana kalau satu jam dan 5 tahun ke depan," tambahnya.

Berkaca dari hal itu, Ia mengungkapkan jika saat ini Kota Surabaya memerlukan moda transportasi massal yang terintegrasi. Bukan hanya untuk kawasan Surabaya saja, melainkan dengan kawasan Gerbangkertosusila (Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan).

"Ya kalau nggak mau macet seperti Jabodetabek itu perlu. Terlebih dengan terbitnya dan ," beber Sadewo.

"Momentum ini, Surabaya tidak boleh pasif. Harus aktif dan jadi pioneer dalam pembangunannya. Karena, bagaimanapun juga, Surabaya ini adalah pusat dari wilayah itu," tambahnya.

Sebagai informasi, kebutuhan akan transportasi publik yang memadai disebut Whisnu Sakti bakal menjadi fokus utamanya apabila mendapatkan amanah dari masyarakar untuk melanjutkan kepemimpinan Wali Kota Risma di Pilwali Surabaya 2020.

"Diantaranya, sudah mulai kita buat perencanaan terkait subway sebagai sistem transportasi massal yang modern dan ramah lingkungan," ujar Whisnu Sakti Buana.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES