Gaya Hidup

Teater Sirat Gelar Pementasan Getih Bumi Kasiratan dari Game of Thrones

Minggu, 01 Desember 2019 - 11:40 | 198.50k
Suasana Pementasan Getih Bumi Kasiratan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. (FOTO: Desty Luthfiani/TIMES Indonesia)
Suasana Pementasan Getih Bumi Kasiratan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. (FOTO: Desty Luthfiani/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SOLO – Terlalu banyak nonton Film Game of Trones, Fermansyah Teater Sirat menggelar pentas teater. Pementasan dengan cerita fiksi ini judul Getih Bumi Kasiratan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Kamis (28/11/2019).

Tidak seperti pada pementasan umumnya, biasanya pementasan dibuat untuk mengkritik oligarki pemerintah atau muncul akibat keresahan-keresahan yang diolah ditangan seniman menjadi pementasan. Namun, tidak untuk Fermansyah karena kebanyakan menonton cerita fiksi kerajaan terutama film Game of Trones keresahan itu beralih menjadi imajinasi untuk membangun sebuah kerajaan. Kerajaan sendiri pasti tidak pernah luput dengan permasalahan perebutan tahta kekuasaan.

“Sebenarnya saya ingin bernostalgia saja dengan dongeng-dongeng yang diceritakan orang tua saya di waktu kecil selain itu saya juga terinspirasi  oleh film Game of Trones dan ingin membuat pementasan kolosal ini dengan waktu proses cepat dari pada proses lain yaitu 1 bulan saja,” terang Fermansyah sutradara pementasan.

Pentas ini dimainkan oleh 28 anggota baru teater Sirat. Menceritakan tentang Ratu Lempung dan adiknya Setyo Watu Kali yang berebut kekuasaan akibat adudomba pamannya yaitu Pring Kuning. Dayang Kulon adalah Dayangnya Ratu Lempung dulunya menjalin hubungan dengan Pring Kuning.

Namun karena mandat dari Ratu Lempung untuk mengambil pusaka yang dibawa Pring Kuning. Dayang Lempung diminta untuk mendekati lagi Pring Kuning. Tidak seperti rencana awal, karena masih mempunyai rasa Dayang Kulon malah berpihak ke Pring Kuning dan membunuh Ratu Lempung beserta adiknya.

Kemudian, naratornya masuk kedalam pementasan membunuh Dayang Kulon dan Pring Kuning akhirnya mati semua. Jalan cerita narator berpengaruh dalam pementasan ini. Kerajaan Getih Bumi Kasiratan yang dipentaskan Teater Sirat di IAIN Surakarta terinspirasi dari film Game of Trones. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES