Pemerintahan

Jelang Pilkades Serentak, Sekda Syaifullah Minta Dinas Turun Lapangan

Minggu, 01 Desember 2019 - 10:56 | 66.05k
Sekertaris Daerah Kabupaten Bondowoso Syaifullah. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Sekertaris Daerah Kabupaten Bondowoso Syaifullah. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Terhitung sejak hari ini, Minggu (1/12/2019) Pemilihan Kepala Desa serentak tinggal 12 hari. Oleh karena itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Syaifullah, meminta dinas terkait, turun lapangan H-5  untuk memastikan kondisi Pilkades serentak berjalan sesuai yang diharapkan.

Menurut Sekda Syaifullah, persoalan Pilkades sudah dipetakan. Mulai dari tingkat kerawanan Pilkades, desa-desa yang berpotensi rawan konflik, kemudian model pengamanan yang rencananya akan dilakukan secara berjenjang.

Namun demikian, pihaknya tak menyebutkan kawasan yang masuk kategori rawan. Sekda Syaifullah, justru menyebutkan tak ada yang rawan, hanya saja pemantauan intelejen seperti di Kecamatan Grujugan, tepatnya Desa Taman.

Dia juga memastikan bahwa pihaknya akan terus memantau dan terjun langsung dengan pendekatan kepada masyarakat.

“Insyallah kita sampai tanggal 12 Desember nanti terus antisipasi. Intelejen dari TNI, Polisi terus bergerak untuk memantau Pilkades serentak ini, dan Komando pengamanan ini dari Polres,” ujarnya.

Bahkan, Pemkab dengan pihak keamanan dalam hal ini Polres,  menggelar Rapat Koordinasi Pengamanan Pilkades Serentak di Aula Mapolres, Jumat (29/11/2019) sore.

Kegiatan rapat kesiapan pengamanan Pilkades itu, kata Sekda, merupakan upaya antisipasi dan menjaga kekondusifan di wilayah Bondowoso. Baik pada saat pelaksanaan, sebelum, maupun sesudah pemilihan kepala desa.

Di sisi lain, Sekda meminta seluruh Kepala Dinas hingga jajarannya di tingkat bawah, turut ambil bagian dalam menyukseskan Pilkades serentak ini.

“Jadi H-5 saya minta (Kepala Dinas) satu atau dua jam  ada di desa untuk memberikan informasi kondisi di lapangan. Tapi insyallah, dalam kondisi aman,” sambungnya.

Informasi dihimpun, pelaksanaan rakor dipimpin langsung oleh Wakapolres Bondowoso, dihadiri oleh seluruh jajarannya. Kemudian, Wadankie Brimob Kompi 3 Den B Polda Jatim  Iptu Agus Hari Widodo, Kepala DPMD Abdurrahman, Kepala Bakesbangpol Bondowoso Achmad Prajitno. Berikut, muspika yang wilayahnya masuk dalam daftat pelaksanaan Pilkades serentak.

Dari data yang diperoleh, total ada 18 Desa  di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur, yang akan melaksanakan Pilkades Serentak pada Tanggal 12 Desember 2019 besok.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES