Indonesia Positif

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris USD Gelar Konferensi Internasional LLTC

Minggu, 01 Desember 2019 - 09:24 | 213.25k
Suasana Konferensi Internasional bertema The 6th Language and Language Teaching Conference (LLTC) 2019 yang diselenggarakan oleh USD. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)
Suasana Konferensi Internasional bertema The 6th Language and Language Teaching Conference (LLTC) 2019 yang diselenggarakan oleh USD. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAUniversitas Sanata Dharma (USD) kembali menyelenggarakan Konferensi Internasional bertema The 6th Language and Language Teaching Conference (LLTC) 2019.

Kegiatan yang dimotori oleh Program Studi (Prodi) S1 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) USD ini bekerja sama dengan dua prodi lain yaitu Program S2 Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) dan Program S2 Kajian Bahasa Inggris (KBI) USD.

Pelaksanaan konferensi diselenggarakan selama 2 hari yaitu 29-30 November 2019. Hadir pada kegiatan ini sebanyak 89 presenter yang dikemas dalam sesi parallel. Mereka berasal dari 43 institusi, dalam maupun luar negeri.

Ketua Panitia, Laurentia Sumarni mengatakan LLTC merupakan kegiatan tahunan dengan tema yang selalu disesuaikan dengan perkembangan jaman. Tahun ini, LLCT telah diadakan untuk yang ke-6 kali. Tema LLTC 2019 adalah Critical Thinking and Creativity in English Language Teaching.

Suasana-Konferensi-Internasional-bertema-The-6thLanguage-and-Language-Teaching-Conference-b.jpg

“Konferensi ini terbuka untuk semua kalangan, baik akademisi maupun non-akademisi yang peduli dengan pembelajaran Bahasa Inggris dari dalam dan luar negeri untuk membagikan hasil riset, gagasan, pengalaman tentang  bagaimana berpikir kritis dan kreatif dalam pengajaran Bahasa Inggris,” kata Sumarni, pengampu mata kuliah Translate and Interpreting ini.

Sumarni menerangkan, tujuan utama LLTC adalah memberikan wahana bagi guru dan dosen . Termasuk bagi masyarakat lain yang tertarik untuk berbagi pengalaman, berbagi hasil riset mereka tentang pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris.

Menurutnya, dalam pembelajaran bahasa inggris kolaborasi antara komunikasi, berpikir kritis dan kreatif sangat diperlukan bagi pengembangan siswa-siswa dan mahasiswa ke depan.

“Jadi bukan hanya tentang bagaimana untuk berpikir kritis, tapi jauh lebih penting adalah mendorong mereka untuk bisa kreatif dalam hal ketrampilan,” kata Sumarni dalam Konferensi Internasional LLTC 2019 di Ruang Auditorium Driyarkara Lt.2 USD, Mrican, Sabtu (30/11/2019)

Tahun ini LLTC mengundang empat pembicara utama. Yakni, Dr Fan Gabriel Fang dari Shantou University, China; Jayakaran Mukundan dari Universiti Putra Malaysia; Bradley Horn dari Relo, US Embassy di Jakarta; dan Setiono Sugiharto Unika Atmajaya, Jakarta. Kemudian ada juga tiga pembicara dari USD.

“Semoga Konferensi Internasional LLTC ini dapat menjadi sarana wadah bagi penggiat pengajaran Bahasa Inggris untuk membangun jaringan dan menjalin kerjasama dalam inovasi dan pembelajaran serta pengajaran bahasa Inggris,” terang Sumarni, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris USD ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES