Glutera News

Apa Perbedaan SPF 20, 15, 25, 30, dan 50 pada Sunscreen atau Sunblok?

Kamis, 28 November 2019 - 08:53 | 4.77m
Ilustrasi (Foto: Gluteranews)
Ilustrasi (Foto: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTASunscreen atau sunblock? Keduanya adalah pelindung kulit dari sinar marahari. Menentukan produk yang tepat tidaklah mudah. Kebanyakan orang tidak mengetahui ada perbedaan jelas antara sunscreen dan sunblock, beserta manfaat yang dikandungnya. Kedua produk ini selalu dikaitkan dengan kandungan SPF.

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk pelindung matahari akan memberi tahu Anda sebaik apa produk tersebut dalam melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Angka SPF adalah penentu seberapa lama Anda dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut.

Jadi, jika biasanya Anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai kulit Anda mulai terbakar matahari tanpa dilindungi apapun, dan Anda menggunakan SPF 10, produk tersebut akan memperpanjang waktu Anda hingga 10 kali lipat lebih lama sebelum terbakar. Atau 15×10 menit = 150 menit alias 2,5 jam.

Jika kulit Anda biasanya terbakar matahari dalam 10 menit jika tidak pakai krim pelindung, dan Anda menggunakan SPF 30, maka krim ini akan melindungi Anda dari paparan matahari selama 300 menit. Dan seterusnya.

Semakin tinggi angka SPF tidak mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang disediakan oleh produk tersebut. Semakin kecil tingkat SPF, Anda harus lebih sering untuk mengaplikasikan ulang untuk memperlama waktu Anda beraktivitas di bawah terik matahari tanpa khawatir terbakar.

SPF10 melindungi Anda dari terik matahari sama baiknya dengan SPF15 atau SPF50 sekalipun. Tingkat SPF tinggi akan memblokir lebih banyak UVB, namun tidak menyediakan 100% proteksi dari risiko kulit gosong. Namun, produk ber-SPF tinggi mampu memberikan perlindungan lebih baik dari risiko kerusakan kulit jangka panjang, seperti kanker kulit.

Perlu diingat bahwa produk pelindung matahari, baik itu tabir surya atau sunblock, mudah terbilas air, membuat sebagian tubuh Anda menjadi rentan terhadap sinar UV. Mengaplikasikan perlindungan matahari secara tidak merata atau tidak cukup sering dapat mengurangi efektivitasnya. Berapapun tingkat SPF dari produk yang Anda gunakan, gunakan ulang secara merata baik setelah jangka waktunya habis, atau segera setelah selesai berenang atau berkeringat.

Perbedaan SPF 10, 15, 25, 30 dan 50

Nilai SPF yang terkandung dalam sebuah produk, menentukan berapa kali waktu yang dibutuhkan untuk melindungi kulit. Secara singkat, semakin tinggi nilai yang tercantum maka semakin lama perlindungannya. Memilih SPF bisa jadi membingungkan karena beberapa opsi yang berbeda.

Untuk itu, berikut ini merupakan perbedaan angka dibelakang tulisan SPF yang bisa Anda perhatikan :
• SPF 10 dapat menahan hingga 90% radiasi sinar UVB 
• SPF 15 dapat menahan hingga 93% radiasi sinar UVB 
• SPF 25 dapat menahan hingga 95% radiasi sinar UVB 
• SPF 30 dapat menahan hingga 97% radiasi sinar UVB 
• SPF 50 dapat menahan hingga 98% radiasi sinar UVB 

Diantara SPF 15-50, ada juga perbedaan menit dalam memberikan perlindungan bagi kulit. Sama seperti yang telah dijelaskan, bahwa pada kulit normal manusia akan bertahan 10 menit saja di bawah paparan sinar matahari, maka jumlah SPF menentukan 10 kali lipat kulit mampu menahan panas matahari tersebut. 

• Produk yang mengandung SPF 10, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 10 = 110 menit atau 1,5 jam. 
• Produk yang mengandung SPF 15, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 15 = 150 menit atau 2,5 jam. 
• Produk yang mengandung SPF 25, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 25 = 250 menit atau 4 jam 10 menit. 
• Produk yang mengandung SPF 30, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 30 = 300 menit atau 5 jam 
• Produk yang mengandung SPF 50, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam lebih. 

Melihat perhitungan di atas, Anda dapat memilih kira-kira SPF mana yang cocok untuk melindungi tubuh saat berlibur di pantai atau sekadar berjalan-jalan di mall. Untuk Anda yang berelencana ingin libur ke pantai pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan di atas 5 jam agar kulit senantiasa terlindungi, ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES