Peristiwa Daerah

Struktur Bangunan Kuno Ditemukan di Desa Pendem Kota Batu

Senin, 25 November 2019 - 20:26 | 171.36k
Tim Arkeolog Dinas Pariwisata Kota Batu saat survei temuan purbakala di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Tim Arkeolog Dinas Pariwisata Kota Batu saat survei temuan purbakala di Desa Pendem, Kecamatan Junrejo. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUStruktur bangunan kuno yang terbuat dari batu bata berukuran besar ditemukan terpendam di dalam tanah waqaf di Gang Makam, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Senin (25/11/2019). 

Tim Arkeolog dari Dinas Pariwisata Kota Batu yang mendapatkan laporan dari Kepala Desa Pendem, Tri Wahyuwono Effendi langsung melakukan survei awal ke lokasi yang berhimpitan dengan tanah kuburan keluarga. 

Bangunan-Kuno-2.jpg

Tim yang dipimpin langsung oleh Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Batu, Winarto Ekram ini menemukan struktur bangunan yang berbahan baku batu bata memanjang yang terdiri dari tiga lapis. 

Ukuran batu bata seluas 36 x 25 x 10 centimeter. Batu bata ini tersusun rapi memanjang dengan ukuran struktur bangunan yang nampak 3,24 meter x 82 centimeter. 

"Tidak jauh dari temuan, banyak peninggalan purbakala yang juga tercecer di sekitarnya, namun sudah ditemukan lama dan diamankan oleh warga masyarakat," kata Winarto. 

Beberapa benda purbakala yang tercecer adalah Yoni dan patung Lembu Nandi yang ditemukan di Punden Krajan. 

Bangunan-Kuno-3.jpg

Batu puncak bangunan dan Watu Lumpang juga ditemukan di Punden Mbah Sarip yang lokasinya berdekatan dengan temuan. 

Tim juga mendata batu bata lepasan di Kebun milik Basuki warga setempat, fragmen batu bata di samping temuan struktur dan watu lumpang. 

Struktur bangunan berundak ini ditemukan pertama kali Anton Adi Wibowo, Ketua Rukun Tetangga (RT) 01 Rukun Warga (RW) 01, Desa Pendem. 

"Saya mau menanam alpukat, saya gali terus ternyata saya temukan seperti itu, akhirnya saya hentikan, khawatir merusak struktur bangunan, kemudian saya laporkan ke Kamituwo," ujar Anton. 

Ketua RT 01 Desa Pendem ini menemukan struktur bangunan kuno tersebut ini saat menggali kedalaman 30 centimeter.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES