Kesehatan

Rendah Gula, Pepaya Aman untuk Diabetes?

Minggu, 24 November 2019 - 06:06 | 224.22k
Ilustrasi - Pepaya (FOTO: DokterSehat.Com)
Ilustrasi - Pepaya (FOTO: DokterSehat.Com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAManfaat pepaya tak hanya untuk mengatasi sembelit. Pepaya juga bermanfaat untuk penderita diabetes. Bahkan, disebut-sebut, buah tropis ini dapat mengontrol kadar gula darah. Meski memiliki rasa yang manis buah pepaya memiliki kandungan gula yang rendah.

Dijelaskan dr. Sara Elise Wijono, M.Res dari KlikDokter, pepaya memang terbukti dalam beberapa studi bisa menurunkan risiko diabetes. Buah bernama ilmiah Carica papaya ini juga sekaligus mampu mengontrol kadar gula bagi penderita diabetes.

“Kadar gula darah yang rendah pada pepaya, menjadikan buah yang satu ini sehat untuk dijadikan camilan bagi para penyandang diabetes. Tidak hanya mengontrol kadar gula dalam tubuh, buah berdaging oranye ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh,” ujar dr. Sara.

Namun begitu, mencegah diabetes dan mengontrol kadar gula darah tidak hanya bertopang pada konsumsi buah pepaya. Anda masih harus melakukan hal lainnya. 

Salah satu yang utama adalah menjaga pola hidup tetap sehat, seperti menghindari makanan-makanan berlemak, berminyak dan mengandung gula tinggi.

Selain itu, Anda juga sebaiknya melakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti olahraga. Dengan begini, berat badan akan tetap seimbang sehingga tidak ada penumpukan lemak yang berisiko pada diabetes.

Manfaat pepaya untuk penderita diabetes cukup besar karena bisa mengontrol kadar gula darah. Untuk itu, apabila Anda seorang diabetesi, jangan segan masukkan pepaya dalam menu harian Anda. Selain itu, Anda yang ingin menghindari diabetes juga bisa memanfaatkan buah manis ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES