Indonesia Positif

Dinas Perkim Kota Madiun Percantik Jalan dengan Tanam Bougenvile

Jumat, 22 November 2019 - 21:15 | 191.58k
Petugas Dinas Perkim Kota Madiun menanam bunga di median jalan. (FOTO: Ito Wahyu U/TIMES Indonesia)
Petugas Dinas Perkim Kota Madiun menanam bunga di median jalan. (FOTO: Ito Wahyu U/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinas Perkim) Kota Madiun terus berupaya untuk memberikan pelayanan ekstra terhadap penambahan ruang terbuka hijau dan fasilitas pertamanan yang ada. Pelayanan ini ditunjukkan dengan melakukan penambahan dan perawatan pohon peneduh, tanaman bunga demi keindahan di Kota Pendekar ini. Termasuk dengan penambahan tanaman di bagian marka jalan.

Kepala Bidang Pertamanan, Permakaman, dan Penerangan Jalan Umum, Dinas Perkim Kota Madiun Aang Marhendra Budiono menjelaskan, penanaman jenis bunga kertas atau bougenville. Pemilihan bunga ini karena biasa tumbuh di daerah tropis termasuk dengan keberada batang dan akar yang tidak mengganggu bagian konstruksi marka jalan. 

Dinas-Perkim-Madiun.jpg

Selain itu untuk perawatan bunga ini cukup mudah dan juga pembudidayaan untuk pengembangan bunga ini dapat dilakukan yaitu ditanam dengan cara distek dan dengan teknik sambung putus. Warna bunga ini sangat beragam antara lain merah terang, merah pucat, orange, putih, ungu, dan masih banyak lagi. Sehingga sangat bagus jika ditanam di marka jalan.

"Kita pilih bunga bougenville untuk marka. Dengan warna warni bunga yang sangat beragam dan indah serta mudah untuk perawatan," ujarnya Jumat (22/11/2019).

Penanaman sendiri dilakukan disekitar marka  jalan Mastrip dan Trunojoyo. Kedepan selain bougenville juga ada beberapa tanaman bunga lain untuk keindahan marka dan ruas jalan di Kota Madiun.

Dinas-Perkim-kota-Madiun.jpg

"Selain menanam petugas dari Disperkim juga terus memberikan perawatan ekstra. Mulai dari pemupukan dan juga pemotongan dahannya jika sudah terlalu rimbun," imbuhnya.

Seperti diketahui, Kota Madiun terus berbenah untuk memberikan kenyamanan dan kesejukan bagi setiap warganya termasuk dengan warga luar kota yang berkunjung di Kota Madiun. Mereka nantinya akan dimanjakan dengan keindahan berbagai warna warni bunga serta fasilitas publik yang sangat menarik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES