Gaya Hidup

Kominitas Good Village Fokus Kembangkan Pemberdayaan Potensi Desa

Jumat, 22 November 2019 - 22:50 | 75.35k
Foto kegiatan Komunitas Good Village. (foto: Widya Amalia/TIMES Indonesia)
Foto kegiatan Komunitas Good Village. (foto: Widya Amalia/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKomunitas Good Village saat ini fokus mengembangkan potensi Desa Ngijo Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Pada bulan November ini sampai 2020, relawan Good Village masih membangun potensi ekonomi pariwisata desa ini.

"Namun, apabila desa sudah bisa berkembang sendiri, Good Village akan berpindah ke desa lain yang membutuhkan," papar Saya Ajeng Ria Aprilina, Founder Good Village, Jumat (22/11/2019).

Komunitas Good Village adalah bentuk metamorfosa komunitas Omah Backpacker. Kini komunitas ini fokus dalam bidang pemberdayaan potensi desa.

Komunitas-Good-Village-b.jpg

Goal Good Village adalah membangun ruang tumbuh kembang yang sehat untuk anak desa; menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pendidikan; dan melahirkan generasi yang cinta pada desa dan kearifan lokalnya.

"Itu goal intinya. Goal yang lain adalah anak - anak desa mampu melahirkan SDM desa yang inovatif. Dan, akan tetap membangun desanya kelak," imbuh Saya Ajeng Ria Aprilina. 

Ajeng ingin agar Good Village bisa mengembangkan dan mengenal potensi jati dirinya, kemudian berkembang sesuai dengan potensinya. Dirinya ingin memacu desa yang bisa menjadi ruang tumbuh kembang yang sehat secara mental dan fisik bagi penghuninya

"Saya berharap bahwa desa bisa menghidupi warganya. Terutama para Ibu bisa memiliki kemandirian ekonomi dari usaha yang dilakukan di rumah sehingga mereka bisa bekerja sambil mengawasi anaknya," imbuhnya.

Komunitas-Good-Village-c.jpg

Ajeng juga ingin penduduk desa mampu melihat potensi desanya kemudian mengembangkannya. Bukan menyerahkan tanah atau sawah mereka pada investor atau pengembang lahan. "Harapan kami untuk volunteer itu, mereka bisa berbagi manfaat untuk masyarakat dan volunteer juga bisa mengembangkan bakat atau minat yang dimilikinya," ujarnya.

Anggota inti komunitas ini hanya 9 orang. Namun untuk setiap event, Good Village memiliki relawan yang siap membantu. Hadir juga relawan asing, yang biasanya ikut terjun ke desa seriap satu bulan sekali.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES