Entertainment

Tarian Ratoeh Jaroe Sekolah KBBS Yogyakarta Berjaya di Rusia

Jumat, 22 November 2019 - 09:10 | 127.27k
Tim kesenian siswi SMP-SMA Kesatuan Bangsa Boarding School Yogyakarta yang berjaya di Rusia. (FOTO: kemenlu)
Tim kesenian siswi SMP-SMA Kesatuan Bangsa Boarding School Yogyakarta yang berjaya di Rusia. (FOTO: kemenlu)

TIMESINDONESIA, JAKARTATarian Ratoeh Jaroe yang dibawakan 25 orang siswi SMP-SMA Kesatuan Bangsa Boarding School (KBBS) Yogyakarta, berjaya pada 12th International Folklore Festival "INTERFOLK in Russia" yang berlangsung di St. Petersburg, Rusia.

Festival yang berlangsung pada 14-17 November 2019 itu diikuti oleh 13 negara, yakni Amerika Serikat, Belarus, Bulgaria, Estonia, India, Indonesia, Iran, Latvia, Prancis, Portugal, Rusia, Srilanka, dan Turki. Rusia sendiri mengikutsertakan tim kesenian dari berbagai kota, seperti Moskow, St. Petersbrug, Tver, Beryozovsky, Obinsk, Naberezhnye Chelny, Yakutsk, dan Irkutsk.

Tarian Ratoeh Jaroe tidak hanya memikat para penonton yang hadir, tetapi juga dewan juri. Gerakannya yang serempak membuat tim kesenian KBBS Yogyakarta ini pada babak penyisihan berhasil lolos sampai grand final.

Di final, penampilan para siswi KBBS yang penuh semangat tinggi tersebut kembali memukau penonton dan dewan juri sehingga tidak tanggung-tanggung penonton dan dewan juri memberikan penilaian dan penghargaan kepada tim Indonesia.

Maka tak ayal, tim ini merebut penghargaan tidak hanya di Grand Prix saja,  tetapi juga penghargaan lainnya, yaitu First Laurette Category Folk Dance, dan 3 Special Prize of The Jury, yaitu Star of InterfolkFor the High Level of Performance Skills, dan For the Best Musical Accompaniment of the Competition Program.

Penghargaan Star of Interfolk, adalah juara favorit pilihan penonton, hasil voting seluruh penonton warga kota St. Petersburg, Rusia.

SMP-SMA-Boarding-School-Yogyakarta-2.jpg

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, memberi apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih tim kesenian Indonesia tersebut. Menurut Wahid, keikutsertaan ini adalah bagian dari diplomasi budaya Indonesia di Rusia.

Guru pembimbing SMP-SMA Kesatuan Bangsa Boarding School Yogyakarta, Yunita Wulandari tampak bahagia atas prestasi itu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung tim Sekolah Kesatuan Bangsa Yogyakarta, termasuk KBRI Moskow. Latihan yang intensif selama tiga bulan terakhir membuahkan hasil yang menjadi kebanggaan kita bersama,” katanya

Selain ikut lomba, Tim kesenian Sekolah KBBS Yogyakarta juga memberikan pengenalan budaya Indonesia berupa pelatihan (master class) tarian Aceh kepada para peserta festival lainnya.

INTERFOLK in Rusia adalah festival tahunan di St. Petersburg yang bertujuan untuk meningkatkan saling pengertian, memperkuat solidaritas, saling memperkaya budaya, dan mempromosikan kerja sama dan pertukaran budaya internasional.

Tim kesenian sekolah SMP-SMA Kesatuan Bangsa Boarding School (KBBS) Yogyakarta ambil bagian dalam festival INTERFOLK in Rusia ini. Tarian Ratoeh Jaroe yang ditampilkan akhirnya berjaya karena merebut berbagai penghargaan di ajang12th International Folklore Festival "INTERFOLK in Russia" yang berlangsung di St. Petersburg, Rusia tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES