Kesehatan

Catat! Hindari Makanan dan Minuman Ini saat Dehidrasi

Jumat, 22 November 2019 - 06:22 | 162.06k
ILUSTRASI - Selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi. (FOTO:  www.solusisehatku.com)
ILUSTRASI - Selalu penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi. (FOTO: www.solusisehatku.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat dehidrasi Anda memang memerlukan asupan cairan yang cukup. Namun hal ini bukan berarti Anda bisa makan atau minum secara sembarangan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Berikut ini delapan jenis makanan dan minuman yang harus dihindari saat Anda mengalami dehidrasi sebagaimana dilansir dari Antara.

1. Sayuran beku

Lebih dari 75% persen sodium berasal dari makanan olahan. Oleh karena itu, makanan beku merupakan makanan olahan yang dapat memperburuk kondisi dehidrasi Anda. Sodium memiliki kemampuan untuk menyerap cairan tubuh, sehingga Anda akan merasa lebih haus daripada sebelumnya.

2. Minuman bersoda

Banyak orang suka minuman bersoda karena merasa minuman jenis ini dapat beberi kesegaran ketika cuaca panas. Tetapi gula dalam minuman ringan hanya memiliki efek hypernatremic pada tubuh. Artinya tanpa disadari, soda akan mengambil air dari jaringan tubuh sehingga menjadikan tubuh lebih dehidrasi.

3. Minuman berenergi

Minuman berenergi tidak dimaksudkan untuk memuaskan dahaga atau membuat Anda tetap terhidrasi. Minuman energi justru memiliki efek mengambil banyak cairan tubuh. Pada umumnya, seseorang yang terbiasa mengkonsumsi minuman berenergi mengalami kesulitan buang air kecil.

4. Jus buah kemasan

Sama seperti soda, jus buah kemasan tidak hanya mengandung banyak kalori namun juga dapat menyebabkan dehidrasi. Jus buah dalam kemasan pada umumnya mengandung karbohidrat tinggi yang bisa menyebabkan rasa kembung, namun tidak akan mengobati dehidrasi Anda.

5. Makanan asin

Sama seperti makanan olahan, makanan asin dalam kemasan seperti keripik atau bahkan kecap asin, banyak mengandung sodium dan natrium yang justru akan membuat Anda merasa lebih haus. Hal ini disebabkan karena banyaknya cairan yang terikat oleh sodium dan natrium.

6. Teh detoks

Teh detoks bisa menjadikan Anda mengalami dehidrasi dan menimbulkan sejumlah risiko kesehatan. Teh detoks dirancang memiliki efek laksatif sehingga dapat menghilangkan lemak perut. Sayangnya tidak hanya lemak yang akan terbuang, namun juga cairan tubuh juga dapat ikut terbuang bersama dengan lemak.

7. Makanan berminyak

Ada banyak alasan mengapa makanan berminyak atau "gorengan" merupakan jenis makanan yang tidak sehat. Tidak hanya kandungan garam dan gula yang tinggi, makanan berminyak juga tinggi kandungan lemak. Tiga kandungan ini merupakan pemicu dehidrasi yang seharusnya dihindari. Makanan berminyak akan membuat Anda selalu merasa haus daripada jenis makanan lainnya.

8. Kopi

Sebagian besar dari Anda mungkin merasa mengalami mulut yang kering usai minum kopi. Hal ini disebabkan karena kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga konsumsi kopi terus menerus akan menjadikan Anda menjadi semakin haus.

Cara mengatasi dehidrasi yang tepat adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih maupun makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan agar tubuh senantiasa terhidrasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES