Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Efektivitas dan Efesiensi Pelayanan Publik Terhadap Kebijakan Publik

Senin, 18 November 2019 - 15:39 | 175.29k
Risky Dwi Jayanti (Mahasiswa Universitas Islam Malang)
Risky Dwi Jayanti (Mahasiswa Universitas Islam Malang)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kebijakan Publik adalah suatu keputusan kebijakan yang dilakukan oleh seseorang yang mempunyai wewenang di dalam pemerintahan untuk mencapai tujuan dan kepentingan masyarakat bersama. Di dalam buku "Kebijakan Publik Evaluasi Reformasi Formulasi" menjelaskan tentang proses pencapaian tujuan pelayanan publik dalam kebijakan publik secara tepat, ringkas, sederhana dan menjelaskan bagaimana proses yang harus dilakukan pelayanan publik dalam membuat kebijakan publik. Hal-hal yang disampaikan dalam buku kebijakan publik evaluasi reformasi formulasi ini dikelompokkan menjadi tujuh bab. Bab pertama berisi tentang pendahuluan, bab kedua berisi tentang kebijakan publik, bab ketiga berisi tentang evaluasi kebijakan publik, bab keempat berisi tentang penilaian kinerja, bab kelima berisi tentang reformasi birokrasi, bab keenam berisi tentang pelayanan publik dan good governance dan bab terakhir berisi tentang formulasi kebijakan publik.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Bab pertama dalam buku ini menjelaskan tentang pengantar yaitu pengertian kebijakan publik, konsep dan metode reformasi kebijakan, dan yang terakhir dimensi dan pendekatan yang komprehensif, dinamis dan fleksibel. Dalam bab kedua secara khusus menjelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan kebijakan dan kebijakan publik. Berbagai pengertian mengenai kebijakan dan kebijakan publik akan dijelaskan dalam bab ini. Penjelasan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman awal mengenai perbedaan pengertian kebijakan dan kebijakan publik itu sendiri, sehingga kita dapat dengan mudah membedakan kebijakan publik dengan bentuk-bentuk kebijakan yang lainnya. Ada banyak defenisi mengenai kebijakan publik yang dikemukakan oleh para ilmuwan. Selain itu, bab ini juga membahas mengenai proses untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan kebijakan publik, bentuk kebijakan publik sebagai pegangan untuk seluruh stakeholder dalam kehidupan bermasyarakat berbangsan bernegara, tujuan dan fungsi kebijakan publik untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat.

Buku-Kebijakan-Publik-Risky-Dwi-Jayanti.jpg

Dalam bab ketiga menjelaskan pengertian evaluasi. Evaluasi juga mempunyai sifat, tujuan, dan fungsi yang melakat sebagai kontrol terhadap aktivitas dan kegiatan yang dilakukan stakeholder ke depan agar menjadi lebih baik dan menjamin organisasi berjalan dengan lancar. Dan untuk menciptakan evaluasi kebijakan yang efektif dan efisien ada beberapa konsep, beberapa tipe, dan beberapa tahap evaluasi kebijakan yang harus dilakukan untuk memastikan pencapaian tujuan kebijakan yang telah ditetapkan dan diharapkan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dalam bab keempat menjelaskan pengertian penilaian kinerja, konsep penilaian kinerja yang bertujuan untuk menerapkan efektifitas dan efesiensi terhadap pelayanan publik dan menjadi bahan evaluasi dari apa yang sudah dilakukan dalam pelayanan publik, baik maupun buruknya pelayanan akan teridentifikasi oleh instrument penilaian, selain itu pengukuran kinerja harus dipenuhi oleh aparatur untuk mengukur sejauh mana pelayanan publik yang sudah dijalankan, dan penilaian kinerja mempunyai beberapa model yang berkembang agar dapat meningkatkan kinerja yang diharapkan bersama.

Dalam bab kelima menjelaskan pengertian reformasi birokrasi dari berbagai tinjauan pendekatan dan teori menurut para ilmuwan, konsep dan strategi reformasi birokrasi, KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme) dan persoalan birokrasi, reformasi birokrasi menjadi instrumen  untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Untuk mencapai pemerintahan yang baik, semua stakeholder harus bekerjasama sesuai dengan fungsi dan wewenangnya maksudnya adalah pemimpin melayani dengan kepemimpinannya, aparatur melayani dengan tugas dan fungsinya, dan masyarakat menjadi monitor bagi penyelenggaraan pemerintah untuk memastikan apakah pelayanan publik sudah berjalan secara baik atau tidak.

Dalam bab keenam menjelaskan pengertian pelayanan publik dan good governance, peningkatan kualitas pelayanan publik agar masyarakat puas dan sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh masyarakat, selain itu memiliki tata kelola yang baik. Apabila kinerja lebih rendah dari harapan, maka pelayanan dianggap tidak memuaskan dan pelanggan merasa kecewa, apabila kinerja sama dengan harapan yang diinginkan oleh pelanggan, maka pelayanan dianggap memuaskan walaupun tingkat kepuasannya minimal.
INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dalam bab terakhir menjelaskan konsep formulasi kebijakan publik yang bertujuan untuk merencanakan apa yang akan diputuskan dan diambil kebijakannya dan memiliki kerangka pikir yang sistematis terukur dan terarah, selanjutnya prinsip-prinsip dalam formulasi kebijakan publik, pelaksanaan formulasi kebijakan membutuhkan teknik dan cara yang dapat dilakukan secara efektif dan efesien, sehingga dalam penentuan formulasinya dapat dijalankan dengan baik dalam pelaksanaan kebijakan publik. Ada beberapa cara dan metode yang dapat digunakan dalam melakukan formulasi kebijakan dan dalam proses pembuatan kebijakan publik mempunyai modelnya sendiri dalam perumusan atau formulasi kebijakannya sesuai dengan relevansi dan tingkat kebutuhan dari kebijakan tersebut.

Kelebihan:

Pada buku "Kebijakan Publik Evaluasi Reformasi Formulasi" secara  keseluruhan telah menjelaskan inti dan pokok penting dalam proses perumusan pelayanan publik terhadap kebijakan publik secara ringkas dan sangat rinci sehingga untuk mengetahui lebih jelas tentang pelayanan publik dan kebijakan publik kita dapat menemukan solusi didalamnya. Dan juga terdapat model-model perumusan kebijakan dengan baik serta buku ini juga sangat membantu untuk lebih banyak mengetahui tentang proses perumusan kebijakan publik.

Kelemahan:

Kelemahan dalam buku ini tidak terlalu banyak, hanya beberapa yang paling menonjol adalah sedikitnya contoh setiap pembahasan dan buku ini terlalu terpaku terhadap materi.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES