Pendidikan

Polbangtan Malang-PT Prestani Bakal Wujudkan Rukman untuk Petani

Rabu, 20 November 2019 - 11:09 | 119.95k
Pertemuan antara perwakilan Polbangtan Malang dan PT Prestani Tani Nusantara, Selasa (19/11/2019) di kampus 1 Bedali, Lawang. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Pertemuan antara perwakilan Polbangtan Malang dan PT Prestani Tani Nusantara, Selasa (19/11/2019) di kampus 1 Bedali, Lawang. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPolbangtan Malang dan PT Prestani Tani Nusantara bakal menjalin kerja sama strategis untuk membangun ekosistem pertanian yang integratif, inklusif, dan berkelanjutan. Kerja sama tersebut diwujudkan dalam program Rumah Usaha Keluarga Mandiri (Rukman).

Sebelumnya, Selasa (19/11/2019), Polbangtan Malang mendapat kunjungan dari dari PT. Prestani Tani Nusantara. Pertemuan kedua pihak itu membahas kerja sama strategis, salah satunya program Rukman.

Rukman merupakan model pengembangan usaha untuk kelompok petani agar lebih profesional, kredibel, dan transparan dalam mengelola usaha pertaniannya.

“Kami ingin bekerja sama bersama Polbangtan Malang untuk membangun percontohan, dengan membuat Rukman sebagai model pengembangan usaha pertanian yang sustainable dengan komoditas utama cabai dan jagung," ujar Aris Hendrawan, founder PT. Prestani Tani Nusantara di kampus 1 Polbangtan Malang.

Aris menjelaskan, program Rukman akan melibatkan sumber daya (resources) di Polbangtan Malang yang diintegrasikan dengan SOP (Standard Operational Procedure) dan teknologi protani yang dikembangkan oleh perusahannya.

Teknologi protani, lanjut dia, diterapkan untuk memudahkan pendataan dan pengawasan, sehingga ketika diduplikasi di masyarakat akan mudah dipantau dan dianalisis oleh Polbangtan Malang.

Aris menambahkan bahwa peran penyuluh pertanian sangat penting. Setidaknya Indonesia membutuhkan 1 juta penyuluh pertanian yang bisa intensif memberikan pendampingan. Melihat kenyataan yang ada, lanjut dia, usia petani mayoritas lebih dari 45 tahun, artinya perlu regenerasi.

"Menurut kami, untuk menarik minat petani muda, harus diarahkan dulu menjadi pendamping petani,” ucapnya.

Aris berharap kerja sama dengan Polbangtan Malang dapat meningkatkan keterlibatan anak muda  dengan petani senior, serta penetrasi penggunaan teknologi dalam usaha pertanian semakin tinggi sehingga akan lahir generasi baru, petani muda dan modern.

Direktur Polbangtan Malang yang diwakili oleh Wakil Direktur II Dr. Ir. Ismulhadi, M.Si. menyambut baik rintisan kerja sama program Rukman. “Salah satu yang menarik bahwa PT Prestani ini untuk menangani agribisnis dari hulu sampai hilir dan selaras dengan proses pembelajaran berbasis Teaching Factory (Tefa) di Polbangtan Malang,” ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES