Peristiwa Nasional

Komik Kita TNI, Pak Binsa: Jangan Memaksakan Kehendak Kita pada Orang Lain

Rabu, 20 November 2019 - 10:55 | 517.70k
Apel Perpisahan Satgas TMMD 106, Anggota Yonmek 512 Dengan Koramil 0818/ 11 Donomulyo Dan Masyarakat Desa Kedungsalam. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Apel Perpisahan Satgas TMMD 106, Anggota Yonmek 512 Dengan Koramil 0818/ 11 Donomulyo Dan Masyarakat Desa Kedungsalam. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKomik Kita TNI edisi kali ini, Pak Binsa membahas soal sila keempat butir kedua Pancasila. Yakni soal tidak boleh memaksakan kehendak kita terhadap orang lain, apalagi dengan mengancam orang lain.

Edisi komik ke 84, ada sosok baru. Yakni, sosok pak Polin. Ia menayakan kabar pada Pak Binsa dan Abeng, Meilan dan Wikoo.  “”Lagi pada ngapain nih, serius banget?,” tanya Pak Polin. “Lho, itu ada pak Pol?,” kata Pak Binsa, bernada heran melihat kehadiran sosok Pak Polin.

“Iya nih pak Polin… Kita lagi diajarin butir-butir Pancasila, kan emang gak dapat pelajarannya di sekolah,” kata Meilan, memberitahu.

WhatsApp-Image-2019-11-20-at-11.11.23.jpg

“Sekarang sila keempat butir kedua pak Polin,” jawab Pak Binsa memberitahu ke Pak Polin.

“Wah, saya masih ingat… Sila keempat butir kedua yaitu tidak boleh memaksakan kehendak kita terhadap orang lain. Contoh penerapannya yaitu, jangan kita memaksa kehendak sendiri pada orang lain bahkan dengan ancaman,” jelas Pak Polin.

Mendengar penjelasan dari Pak Polin itu, Abeng yang dikenal cerdas itu, langsung menjawab. “Jadi kita tidak boleh memaksakan kehendak dengan ancaman ya pak? Bisa-bisa hokum yang bekerja,” tanya Abeng, dalam Komik Kita TNI dengan tokoh Pak Binsa itu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES