Pendidikan

Tak Banyak yang Tahu, Ini Ragam Manfaat Buah Ceri untuk Tubuh

Rabu, 20 November 2019 - 02:42 | 588.51k
Ilustrasi Buah Ceri. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Buah Ceri. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah ceri juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Buah yang seringkali dijadikan hiasan di atas kue tart ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus segar bernutrisi. Apa saja manfaat buah ceri yang bisa kita dapatkan?

Dilansir dari Popmama, berikut ini penjelasan manfaat buah ceri untuk tubuh Anda 

1. Sebagai obat tidur alami

Dilansir dari Healthline, kandungan melatonin pada buah ceri sebagai hormon mampu berperan dalam mengatur siklus pola tidur dan bangun pada tubuh. 

Jika merasa memiliki masalah tidur, maka dianjurkan untuk mengonsumsi setengah gelas jus ceri untuk meningkatkan kualitas tidur lebih baik. 

2. Meringankan nyeri sendi atau arthritis

Nyeri sendi atau arthritis memang sering sekali terjadi pada orang dewasa, sehingga membuat segala aktivitas kesehariannya menjadi tidak nyaman.

Kandungan flavonoid dan antosianin pada buah ceri memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mampu membantu kerusakan oksifatif yang memicu rasa nyeri. Jika ingin rasa nyeri bisa teratasi dengan baik, ada baiknya jus buah ceri bisa dikonsumsi setiap hari.

3. Membantu dalam mempertajam memori

Warna merah dari kulit ceri tidak hanya mampu mempercantik penampilannya saja sebagai sebuah buah, namun buah ini juga memiliki khasiat untuk meningkatkan memori atau ingatan secara siginifikan. 

Para ilmuwan percaya, bahwa nutrisi dalam buah ceri mampu melindungi bagian otak yang berkaitan dengan memori terhadap kerusakan. Hal ini karena ada kandungan antosianin, sehingga membantu kinerjanya dalam mempertajam daya ingat serta fungsi otak menjadi lebih optimal. 

4. Menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung

Buah ceri memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti kalium, antioksidan, vitamin C serat dan fitokimia. Perlu diketahui bahwa tingginya kandungan antioksidan pada buah ceri mampu memberikan kesehatan untuk kinerja jantung. 

Tak hanya antioksidan, buah ceri juga mengandung antosianin yang membantu mengatur dalam metabolisme glukosa, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Melawan radikal bebas

Warna merah yang menjadi sangat khas dari buah ceri memiliki tinggi akan kandungan antosianin. Bukan hanya sebagai camilan sehat saja, namun kandungan antosianin yang sejenis antioksidan mampu melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh seseorang akibat stres oksidatif.

Sebuah jurnal Nutrients yang diteliti pada tahun 2018 mengatakan bahwa kandungan nutirisi di dalam buah ceri disebut rendah kalori, sehingga aman dijadikan camilan untuk seseorang yang takut gemuk. 

6. Menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh

Mengonsumsi jus buah ceri secara rutin dengan kandungan antioksidan yang tinggi tidak hanya ampuh untuk melawan kanker saja. Namun, buah ceri yang diolah menjadi jus memiliki manfaat lain yaitu mampu menurunkan tekanan darah.  

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa buah ceri memiliki kandungan polifenol yang tinggi, sehingga diyakini mampu menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat buah ceri jika dikonsumsi secara rutin. Tanpa disadari buah yang sering dijadikan camilan ini mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki segudang nutrisi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES