Pemerintahan

Kota Madiun Sabet Penghargaan Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia 2019

Senin, 18 November 2019 - 22:24 | 80.88k
Wali Kota Madiun H. Maidi saat menerima penghargaan dalam Awarding Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019. (Foto: Pemkot Madiun)
Wali Kota Madiun H. Maidi saat menerima penghargaan dalam Awarding Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019. (Foto: Pemkot Madiun)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Kesuksesan Kota Madiun dalam penerapan Smart City mendapat pengakuan di tingkat nasional. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan dalam menyabet dua penghargaan sekaligus oleh Kota Madiun. Diketahui Smart City sebagai bentuk mewujudkan kota cerdas.

Kedua penghargaan yang berhasil disabet yakni penghargaan kategori Rating Kesehatan (Smart Health) dan Rating Kesiapan Pemerintahan Digital (Digital Government Readiness). Pemberian penghargaan ini dilakukan saat event Awarding Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019 di Bandung, Jawa Barat, Senin (18/11/2019).

Madiun-Kota-Cerdas-2.jpg

Penghargaan tersebut diterima oleh Wali Kota Madiun H.Maidi di Aula Barat Institut Teknologi Bandung oleh Steering Committee RKCI 2019 Prof. Suhono Harso Supangkat.

Hal ini tentu menjadi awal yang membanggakan bagi Kota Madiun yang baru masuk 100 Smart City Indonesia. ‘’Kita patut bersyukur. Meski baru bergabung, tapi sudah menuai banyak penghargaan,’’ ujarnya.

Ditekankan Maidi, penghargaan ini masih merupakan awal sehingga pihaknya tidak ingin Pemkot Madiun cepat berpuas diri. Karena, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk lebih mewujudkan Smart City yang lebih sempurna. ‘’Kota Madiun harus mengejar kota-kota lainnya yang telah meraih Smart City lebih dulu,’’ tegasnya.

Seperti diketahui, RKCI merupakan kegiatan rutin dua tahunan. Pada acara tersebut disampaikan clustering kota kota beserta masukan untuk peningkatan kinerja kota dalam menuju pengembangan kota cerdas. Di dalamnya juga dilakukan pemberian penghargaan untuk rating kota cerdas Indonesia.

Madiun-Kota-Cerdas-3.jpg

Sementara itu, Prof. Suhono Harso Supangkat menuturkan bahwa Smart City merupakan kebutuhan bagi daerah-daerah di Indonesia. Sehingga pihaknya mengimbau agar daerah yang telah terpilih masuk dalam jajaran 100 Smart City Indonesia ini benar-benar bisa mewujudkan kota cerdas. Serta, menjadi percontohan bagi daerah-daerah lainnya.

‘’Untuk mencapai kota cerdas yang ideal memang butuh banyak berjuang. Tapi semangat kepala daerah untuk mewujudkannya patut diapresiasi,’’ ujarnya.

Diketahui dalam penyerahan penghargaan itu RKCI juga dihadiri oleh Ketua Umum Apeksi Pusat sekaligus Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wakil Rektor ITB Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan Prof. Dr. Ir. Bambang Riyanto Trilaksono, serta kepala daerah (termasuk Kota Madiun) yang termasuk dalam anggota 100 Smart City di Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES