Peristiwa Nasional

Menteri PUPR RI Resmikan Rusun Santri di Lingkungan Ponpes Mu‘allimin Muhammadiyah

Sabtu, 16 November 2019 - 21:33 | 236.36k
Menteri PUPR RI saat meresmikan Rusun di lingkungan Ponpes Mu‘allimin Muhammadiyah di Jalan Sadewo Kampung Ketanggungan, Kelurahan Wirobrajan Kabupaten Bantul, Sabtu (16/11/2019). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Menteri PUPR RI saat meresmikan Rusun di lingkungan Ponpes Mu‘allimin Muhammadiyah di Jalan Sadewo Kampung Ketanggungan, Kelurahan Wirobrajan Kabupaten Bantul, Sabtu (16/11/2019). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuldjono mewakili Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Susun (Rusun) Santri di lingkungan Ponpes Mu‘allimin Muhammadiyah yang berlokasi di Jalan Sadewo Kampung Ketanggungan, Kelurahan Wirobrajan Kabupaten Bantul, Sabtu (16/11/2019).

Rusun Pondok Pesantren ini dibangun pada tahun 2017 oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Rumah Susun Kementerian PUPR RI.

Rusun-Santri-2.jpg

Rusun tersebut terdiri dari 1 Tower Blok (TB) 3 lantai dengan 12 unit tipe barak. Meliputi 6 unit tipe barak besar yang masing-masing dapat menampung 44 santri, dan 6 unit tipe barak kecil yang masing-masing menampung 8 santri, sehingga keseluruhan daya tampung adalah 216 santri.

Rusun ini telah dilengkapi dengan meubelair, toilet komunal, area wudhu, dan PSU.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Basuki didampingi Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi A. Hamid, Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Buya Ahmad Syafii Maarif, Direktur Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta Ali Auliah.

"Kemarin (Jum'at 15/11/2019), saya mendampingi Bapak Presiden Joko Widodo meresmikan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer dan sorenya langsung ke Yogyakarta atas perintah Presiden. Salam dari Bapak Presiden dan saya diminta untuk hadir disini, " kata Menteri Basuki saat memberi sambutan, Sabtu (16/11/2019).

Rusun-Santri-3.jpg

Dalam kesempatan itu, Menteri Basuki juga melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Masjid Kampus Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah yang diberi nama Masjid Hajah Yuliana.

Masjid yang berada dikawasan Pondok Pesantren Mu‘allimin Muhammadiyah tersebut dibangun atas bantuan seorang saudagar Muhammadiyah Yendra Fahmi dengan dana sebesar Rp 30 miliar di atas lahan seluas 5 ha yang akan dilengkapi perpustakaan.

Menteri Basuki mengungkapkan bahwa Kementerian PUPR RI siap berkontribusi dalam menyiapkan kawasan pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam.

Dia berharap kontribusi buat pengembangan Ponpes Mu‘allimin Muhammadiyah tersebut menjadi berkah bagi keluarga besar Kementerian PUPR RI. "Untuk menunjang kawasan pendidikan kami (Kementerian PUPR RI) juga akan membagun danau di kawasan ini yang dilengkapi batu alam," imbuh Menteri PUPR RI (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Kementerian PUPR

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES