Wisata

Svarga Resort Lombok akan Gelar Kompetisi Roasting Kopi, Catat Tanggalnya!

Sabtu, 16 November 2019 - 22:01 | 181.46k
Svarga Resort yang identik dengan hotel berlabel. (FOTO: Istimewa)
Svarga Resort yang identik dengan hotel berlabel. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MATARAMSvarga Resort Lombok akan menyelenggarakan kompetisi roasting kopi bagi para barista, pada 21 Desember 2019 mendatang.

Manajer Operasional Svarga Resort Zulfadli menyampaikan bahwa pihaknya lebih memilih kopi untuk menjadi menu minuman yang akan menarik para wisatawan untuk menginap di hotelnya dan akan menjadikannya sebagai atraksi dalam bentuk kompetisi roasting. 

"Kita tidak menjual minuman yang beralkohol untuk mewujudkan konsep Halal Tourism yang sudah menjadi trademark pariwisata di NTB," terang Zulfadli, di Lombok Barat, Sabtu (16/11/2019).

Pria yang akrab dipanggil Zul ini menerangkan, kompetisi bagi para peracik kopi itu sendiri akan diikuti oleh paling sedikit tiga puluh barista. 

Ia mengatakan, semua hotel dan restaurant di kawasan Senggigi sesungguhnya memiliki barista dan menyediakan kopi sebagai menu wajibnya. 

"Saya kira, bisa lebih banyak lagi. Bisa tembus lima puluh barista. Kompetisi ini bisa menjadi ajang kumpul-kumpul para barista, mereka kan punya asosiasi juga," ucap Zul.

Sementara, Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid mengaku antusias dengan rencana pihak Svarga Hotel untuk menyelenggarakan kompetisi roasting kopi.

"Kopi adalah salah satu kekayaan alam Indonesia. Tidak ada daerah di Indonesia yang tidak memiliki kopi yang khas," ujar Fauzan saat mengunjungi dan mencicipi kopi di restaurant hotel berbintang empat itu.

Menurut Fauzan, kegiatan kompetisi roasting kopi yang diselenggarakan oleh manajemen Svarga Hotel juga mendukung program kepariwisataan di Lombok Barat.

"Bulan Desember ini adalah high season, jadi kompetisi kopi ini akan menjadi atraksi tersendiri buat para wisatawan," tuturnya.

Fauzan menjelaskan, di wilayah Lombok Barat merupakan daerah yang sangat kuat dengan tradisi minum kopi. Ia mengatakan bahwa untuk para petani banyak berkembang di kawasan Hutan Sesaot Narmada, Hutan Pusuk, dan di Gunung Sasak Kuripan. 

"Bahkan untuk Gunung Sasak, di akhir tahun ini akan kita tanami di 200-an hektar lahan. Kita masih berharap kopi masih bisa berkembang lagi di kawasan lain," kata Fauzan, menanggapi rencana kompetisi roasting kopi yang akan digelar Svarga Resort Lombok(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES