Peristiwa Daerah

Sulud Sukma Blitar Bakal Gelar Getih Getah Gula Klapa di Candi Simping

Jumat, 15 November 2019 - 11:36 | 97.91k
Panitia Getah Getih Gula Klapa foto bersama usai audiensi dengan Bupati Blitar beberapa waktu lalu (Foto: Rahmanto Adi for TIMES Indonesia).
Panitia Getah Getih Gula Klapa foto bersama usai audiensi dengan Bupati Blitar beberapa waktu lalu (Foto: Rahmanto Adi for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BLITAR – Komunitas Sulud Sukma Blitar akan menggelar kembali acara tahunan Getih Getah Gula Klapa di Candi Simping Blitar, Jawa Timur pada hari Minggu, (17/11/2019) mendatang. Getih Getah Gula Klapa akan dilaksanakan di Pelataran Candi Simping dengan tema Cucuk Lampah. 

Rahmanto Adi, Ketua Komunitas Sulud Sukma mengatakan, tahun ini merupakan tahun ke tiga pelaksanaan 
Getih Getah Gula Klapa.

"Pada 17 September 2017, kami bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jatim menggelar Getih Getah Gula Klapa yang pertama dengan tema Sesaji Bumi Proklamasi," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Jumat (15/11/2019).

Pria yang akrab disapa Anto itu menambahkan, pada 17 November 2018, Getih Getah Gula Klapa dihelat dengan tema Njenang Abang yang bertujuan memperingati berdirinya Kerajaan Majapahit yang ditandai dengan penobatan Sri Kertarajasa Jayawardhana. 

Edisi-Jumat-15-November-2019-sholeh.jpg

"Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kembali komplek Candi Simping sebagai tempat pendharmaan Nararya Sanggramawijaya kepada masyarakat," tambahnya.

Anto mengemukakan, bahwa Getah Getih Gula Klapa sekaligus untuk menciptakan sebuah etalase kebudayaan sebagai bagian dari cita-cita mewujudkan Pusat Kajian Budaya Majapahit dan Peradaban Nusantara di Komplek Candi Simping.

"Dengan ini semoga acara Getih Getah Gula Klapa tetap menjadi acara yang tetap dinantikan masyarakat dan menjadi acara yang sukses mencapai tujuan," tegasnya.

Dalam pelaksanaan Getih Getah Gula Klapa di Candi Simping, Komunitas Sulud Sukma Blitar bekerjasama dengan Karang Taruna Nusantara 1 Desa Sumberjati kecamatan Kademangan dan juga masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES