Peristiwa Daerah

Gempa Bumi 7,4 Magnitudo di Malut, BMKG: Waspada Tsunami

Jumat, 15 November 2019 - 07:08 | 94.09k
Ilustrasi gempa. (Dok/TI)
Ilustrasi gempa. (Dok/TI)

TIMESINDONESIA, MALUKU UTARA – Terjadi gempa bumi berpotensi tsunami pada pukul 23:17:14 WIB dengan magnitudo 7,4 yang berpusat di laut Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara.

Gempa dengan titik koordinat tercatat pada lokasi 1.63 lintang utara,126.40 bujur timur dengan kedalaman 10 Km, Jum'at (14/11/2019) malam.

Gempa-Malut.jpg

Pemutakhiran data gempa yang dikeluarkan BMKG menunjukkan bahwa jarak gempa tercatat pada jarak 137 km di barat laut Jailolo Malut, 138 km barat laut Halmahera Barat Maluku Utara, 143 timur laut Bitung Sulut, 146 km barat laut Ternate Maluku Utara.

BMKG melalui situs resminya pun menginformasikan daerah yang berpotensi tsunami diantaranya Kabupaten Halmahera Barat, Kota Ternate Maluku Utara dan Kota Bitung Sulawesi Utara dengan status peringatan waspada.

Edisi-Jumat-15-November-2019-gempa-nyar.jpg

Masyarakat pesisir pantai Kelurahan Dufa-Dufa Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate yang berhadapan langsung dengan Kabupaten Halmahera Barat yang merasakan goyangan gempa tersebut, tidak begitu panik dan hanya saling mengingatkan agar tetap waspada.

Sementara kepanikan akibat gempa bumi terjadi di Grand Dafam Hotel Ternate, Malut. Tampak para penghuni hotel berhamburan menuju tempat yang aman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES