Kesehatan

Hindari Komplikasi Diabetes dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

Jumat, 15 November 2019 - 06:33 | 468.86k
Fenugreek, makanan sehat yang dapat mencegah diabetes. (FOTO: Healthline)
Fenugreek, makanan sehat yang dapat mencegah diabetes. (FOTO: Healthline)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Melakukan gaya hidup sehat adalah pilihan terbaik untuk mengurangi gejala dan menghindari komplikasi diabetes. Salah satunya caranya dengan memilih asupan makanan sehat yang tepat.

Konsumsi tanaman herbal bisa menjadi pilihan. Tanaman ini memang tidak menyembuhkan diabetes. Namun jika Anda menggabungkannya dengan pengobatan, tanaman herbal dapat membantu ringankan gejala dan mengurangi komplikasinya.

Dilansir dari Medical News Today, berikut tanaman herbal yang terbukti ampuh mengatur kadar gula darah.

1. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan herbal yang dikenal memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah meringankan diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2013 mengamati penggunaan lidah buaya untuk mengobati gejala diabetes pada tikus.

Hasilnya menunjukkan bahwa lidah buaya mampu melindungi serta memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin.

2. Kayu manis

Kayu manis merupakan bahan dengan aroma manis yang ramah untuk penderita diabetes. Bahkan menurut penelitian pada tahun 2013, kayu manis dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat, hingga meningkatkan sensitivitas insulin.

Namun, perpaduan antara kayu manis dan obat-obatan tertentu dapat berdampak buruk pada ginjal. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi kayu manis.

3. Pare

Pare merupakan salah satu bahan pengobatan tradisional Tiongkok yang populer. Melansir Healthline, pare memiliki sifat yang bertindak seperti insulin yang mampu membantu membawa glukosa ke dalam sel darah.

4. Ginseng

Ginseng merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat, salah satunya mampu membantu turunkan gula darah pada penderita diabetes.

Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak buah ginseng dapat menormalkan kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin pada tikus yang memiliki diabetes.

5. Teh hijau

Tak tak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga efektif untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Teh hijau diperkaya oleh kebaikan antioksidan seperti katekin dan polifenol yang mampu mengurangi penyerapan karbohidrat, sehingga akan meningkatkan resistensi insulin dalam tubuh.

6. Fenugreek

Fenugreek merupakan jenis biji-bijian yang kaya akan serat dan bahan lain yang mampu memperlambat pencernaan karbohidrat dan gula, sehingga dapat mencegah diabetes.

Manfaat fenugreek untuk diabetes telah dibuktikan melalui percobaan yang dilakukan pada 25 orang penderita diabetes tipe 2.

Enam bahan makanan sehat di atas bisa menjadi pilihan untuk mengendalikan diabetes. Selain konsumsi makanan di atas, jangan lupa untuk selalu menjalankan gaya hidup sehat agar tidak mengalami komplikasi diabetes. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES