Peristiwa Nasional

Presiden RI: Ketersediaan Infrastruktur Jadi Pondasi Indonesia Menuju Negara Maju

Kamis, 14 November 2019 - 22:56 | 65.54k
Presiden RI saat menghadiri diskusi Forum A1 bertajuk
Presiden RI saat menghadiri diskusi Forum A1 bertajuk

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur yang dilakukan Kementerian PUPR RI secara masif dan merata di seluruh pelosok tanah air selama 5 tahun terakhir, akan jadi pondasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan.

"Ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja atau middle income trap," kata Presiden RI dalam diskusi Forum A1 bertajuk "Makmur dan Terhubung Berkat Infrastruktur" yang digelar di Jakarta, Kamis (14/11/2019). 

PUPR-Jokowi-2.jpg

Hadir pula dalam forum tersebut mendampingi Presiden RI Jokowi sebagai narasumber yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan RI (Menhub RI) Budi Karya Sumadi. 

Menurut Presiden RI, infrastruktur merupakan pondasi bagi Indonesia untuk mampu berkompetisi dengan negara lain. Indeks daya saing Indonesia masih berada pada posisi di tengah terhadap negara-negara lain.

PUPR-Jokowi-3.jpg

"Kita ingin berada pada posisi yang lebih tinggi. Kemudian kita akan masuk ke agenda besar yang kedua, yaitu pembangunan sumber daya manusia dan selanjutnya baru masuk ke agenda besar inovasi dan teknologi," ujarnya. 

PUPR-Jokowi-4.jpg

Dalam kesempatan itu, Menteri PUPR RI menyatakan Kementerian PUPR RI siap menjalankan visi Presiden RI untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur dalam lima tahun ke depan. "Tugas  ini harus kita sikapi dengan optimisme, agar target tercapai. Lima tahun ke depan jalan tol yang akan terbangun ditargetkan mencapai 2.500 km, yang meliputi Jalan Tol Trans Sumatera sekitar 2000 km, Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) sepanjang 184 km, Yogyakarta–Bawen (77 km), dan Solo–Yogyakarta–Kulon Progo (91,93 km), Semarang–Demak (27 km) dan Demak–Tuban–Gresik (236 km)," ujar Menteri Basuki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Kementerian PUPR

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES