Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Raih Pendanaan PHBD, HMM Unisma Malang Kembangkan Potensi Wisata Banyu Umbulan Desa Pamotan

Rabu, 13 November 2019 - 12:22 | 193.69k
Ismi Choirotin ST., MT., MSc bersama 10 orang mahasiswa Teknik Mesin Unisma Malang yang meraih pendanaan PHBD
Ismi Choirotin ST., MT., MSc bersama 10 orang mahasiswa Teknik Mesin Unisma Malang yang meraih pendanaan PHBD
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Fakultas Teknik Unisma Malang mengukir prestasi dengan meraih pendanaan Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2019 yang didanai oleh KEMENRISTEKDIKTI.

Tim PHBD Himpunan Mahasiswa Mesin ini beranggotakan 10 orang mahasiswa dari tiga angkatan yang berbeda. Pendanaan ini didasarkan pada proposal mahasiswa dengan judul “Pengembangan Wisata Edukasi Banyu Umbulan dan Sentra Kopi Berbasis Teknologi Melalui Pemberdayaan Masyarakat Lulusan Sekolah Rakyat Desa Pamotan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang”.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

“Program ini kami buat dengan melihat potensi SDA yang sangat besar di Desa Pamotan, terutama Ds. Umbulrejo. Di desa ini terdapat objek wisata pemandian umbulan yang memiliki keindahan alam dan potensi yang besar untuk dikembangan menjadi objek wisata alam dan edukasi, sayangnya potensi ini tidak terkelola dengan baik, dan kurang dikenal oleh masyarakat,” ungkap Moh. Nur Ramadhan Abdillah selaku ketua tim.

Unisma-g.jpg

Ia menambahkan dalam program ini kami juga mengenalkan masyarakat pada teknologi berupa pembangkit listrik mikrohidro dan filtrasi air, sebagai salah satu objek wisata di desa tersebut. Hal yang tidak kalah penting dalam program ini adalah pendampingan dalam pengelolaan dan manajemen objek wisata dengan harapan dapat dikenal oleh wisatawan domestik bahkan mancanegara.

Sementara itu Ismi Choirotin ST., MT., MSc, selaku dosen pendamping, pendanaan dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, KEMENRISTEKDIKTI, memberi peluang bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat dan mengembangkan soft skill nya di samping kemampuan akademik yang dimiliki.

“Lulusan Fakultas teknik UNISMA harus memiliki kemampuan akademik yang baik, memiliki kepedulian dan selalu memberi manfaat kepada masyarakat luas” ujar dosen teknik mesin Unisma Malang ini. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES