Ekonomi

Latih Manajemen Ritel dan Ikrar Balistik, Alfamart Rangkul IKM Blitar

Rabu, 13 November 2019 - 18:44 | 61.42k
Para anggota IKM Blitar, disperindag Blitar dan Alfamart berikrar Balistik (Blitar Libas Plastik). (foto: TIMES indonesia network)
Para anggota IKM Blitar, disperindag Blitar dan Alfamart berikrar Balistik (Blitar Libas Plastik). (foto: TIMES indonesia network)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Perusahaan minimarket Alfamart kembali memberikan pelatihan manajemen ritel modern bagi pelaku Industri Kecil Menengah atau IKM Blitar di Pendapa Kabupaten Rabu (13/11/2019). Tak hanya itu, mereka juga melakukan ikrar Balistik (Blitar libas plastik).

Kadisperindag Kabupaten Blitar Tavip Wiyono memberikan apresiasi atas kepedulihan Alfamart kepada IKM. "Sebanyak 100 IKM diundang untuk mendapatkan pelatihan ini. Manfaatnya sangat besar bagi IKM sehingga diharapkan Alfamart rutin mengadakan kegiatan ini," katanya.

Regional Corcom Manager PT Sumber Alfaria Trijaya M. Faruq Asrori menjelaskan, pelatihan IKM di Blitar telah diadakan tiga kali. Yakni pertama akhir Desember 2017 di kantor pemkab lama, Mei 2019 di warung Bu Mamik dan sekarang di Pendapa Pemkab Blitar. "Setiap pelatihan pesertanya 100 orang," ujarnya. 

Dalam pelatihan setidaknya diberikan materi manajemen keuangan, cara melayani konsumen dan mendisplay barang yang menarik.

Selain diberikan pelatihan, Alfamart juga memberikan kesempatan bagi pelaku IKM untuk memasarkan produknya di toko-tokonya. "Sekarang sudah jalan beberapa item yang dijual di sejumlah toko yang ada di Blitar. Nanti akan dievaluasi termasuk kemungkinan tambah item-item baru," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan ikrar Balistik. Yakni mengajak pelaku IKM Blitar untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Faruq berharap kebijakan  pemkab tersebut bisa dituangkan dalam perda seperti di Bali. "Kami sudah melakukan kebijakan kurangi kantong plastik sejak Maret 2019," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES