Pendidikan

Akses Pendaftaran PPG Prajabatan Mandiri Unusa Mulai Dibuka

Rabu, 13 November 2019 - 16:33 | 163.27k
Rektor Unusa, Prof Achmad Jazidie (tengah) mengumumkan pembukaan pendaftaran PPG Prajabatan Mandiri Unusa, Rabu (13/11/2019).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Rektor Unusa, Prof Achmad Jazidie (tengah) mengumumkan pembukaan pendaftaran PPG Prajabatan Mandiri Unusa, Rabu (13/11/2019).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) mendapat kepercayaan sebagai penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Mandiri 2020 oleh kemenristekdikti.

Penunjukan tersebut berdasarkan Surat Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Nomor: B/907/B2.2/PB.05/2019 tentang Penetapan Penyelenggaraan PPG dan Nomor 231/B/HK/2019 tentang Kuota Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru.

PPG Prajabatan Mandiri adalah sertifikasi untuk guru yang dilakukan secara mandiri. Sasaran angkatan pertama program ini yaitu sarjana yang belum menjadi guru. Unusa hanya mendapat kuota 75 mahasiswa baru.

Mereka bakal melewati proses seleksi administrasi verifikasi berkas terkait linieritas kualifikasi S-1/D-IV dengan program studi PPG Dalam Jabatan. Biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000 dan biaya kuliah Rp 8,5 juta per semester. PPG Prajabatan Mandiri ditempuh dalam dua semester.

Sebelumnya Unusa juga dipercaya melakukan PPG-SD Dalam Jabatan dan diikuti ratusan guru dari berbagai daerah. Melalui Kemendikbud, Unusa juga ditunjuk dalam menyelenggarakan diklat bagi kepala sekolah.

"Di antara dua kepercayaan PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan, Unusa juga dipercaya sebagai LPD," terang Rektor Unusa, Prof Ir Achmad Jazidie, Rabu (13/11/2019).

Prof Jazidie menuturkan, dalam UU Guru dan Dosen, guru adalah profesi, sehingga sebelum melakukan kinerja secara profesional harus melakukan pendidikan khusus profesi terlebih dahulu.

"Ketika undang-undang ini disahkan ternyata masih banyak guru yang belum pernah menempuh PPG," tandasnya.

PPG Dalam Jabatan bertujuan untuk peningkatan mutu dan profesionalitas guru serta pendidikan. Sedangkan PPG Prajabatan Mandiri ditujukan kepada calon guru sebelum terjun ke dunia profesional.

Saat ini, hanya ada 63 perguruan tinggi di Indonesia yang dipercaya untuk melaksanakan PPG Prajabatan salah satunya adalah Unusa.

Pendaftaran PPG dilakukan secara terpusat melalui laman http://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id. Informasi pendaftaran juga bisa diakses melalui http://ppg.unusa.ac.id/pra-jabatan-mandiri.

Pelaksanaan kegiatan PPG akan dimulai awal Januari 2020 dan pendaftaran serta seleksi nasional mulai awal November hingga 2 Desember 2019.

Kualifikasi untuk program studi pada ijazah S1/DIV dalam jabatan harus linier dengan program yang ditawarkan. Antara lain PGSD, PGMI, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Pendidikan Luar Biasa/Khusus, Psikologi, Tadris Bahasa Indonesia, dan PPKN. Laman PPG Unusa khusus untuk sertifikasi profesi guru sekolah dasar.

Para peserta PPG Prajabatan Mandiri Unusa akan memperoleh pembekalan ilmu dari para pakar kependidikan, antara lain Prof Muhammad Nuh, praktisi pendidikan Munif Chatib, dan Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan, Prof Dr Muchlas Samani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES