Gaya Hidup

Pilihan Menu Sarapan Sehat untuk Anda yang Menjalani Diet

Rabu, 13 November 2019 - 12:23 | 2.15m
Ilustrasi menu sarapan sehat untuk diet.
Ilustrasi menu sarapan sehat untuk diet.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Diet menjadi cara populer untuk mendapatkan berat badan ideal. Diet bukanlah tanpa makan. Metode diet sehat yang baik adalah metode yang tidak menghilangkan sarapan sebagai nutrisi pokok. Pasalnya, melewatkan sarapan justru dapat menggagalkan diet Anda. Lalu, menu sarapan sehat apa yang tepat saat sedang menjalani diet?

Berikut ini adalah menu sarapan bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

1. Telur rebus

Telur merupakan sumber protein dan lemak yang baik untuk Anda. Protein ini dapat membuat Anda kenyang dengan kalori yang cukup. Tak hanya itu, telur juga dapat membantu mencegah Anda makan berlebihan saat sarapan.

2. Roti gandum dan selai kacang

Mengonsumsi roti gandum dan selai kacang dianggap dapat mengenyangkan, tapi tidak membuat berat badan Anda naik. Selembar roti gandum yang dioles dengan selai kacang merupakan menu sarapan yang lezat,  bergizi, tapi tidak tinggi kalori.

3. Oatmeal atau granola

Oatmeal dan granola memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat Anda cepat kenyang, tapi bertahan cukup lama di dalam lambung. Hal ini mencegah Anda lapar di siang hari sehingga makan lebih sedikit. Biji-bijian ini juga baik untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan kolesterol.

4. Susu low-fat (rendah lemak)

Anda yang gemar sarapan segelas susu? Jangan khawatir. Walaupun sedang diet, Anda tetap diperbolehkan mengonsumsi susu, asalkan yang rendah lemak (low-fat).

5. Yoghurt

Selain susu, yoghurt pun dapat menjadi pilihan. Pilihlah yoghurt dengan kalori yang rendah (bisa dilihat di label). Selain mengenyangkan, yoghurt juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Jika pencernaan atau BAB Anda lancar maka berat badan pun akan lebih stabil.

6. Buah-buahan

Mengonsumsi potongan buah akan membuat lambung terisi penuh. Selain kenyang, mengonsumsi buah juga dapat mengurangi kadar kolesterol serta mengeluarkan zat-zat berbahaya dan racun dari dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi pisang, apel, alpukat, atau pir.

Hindari konsumsi jus buah karena selain ada tambahan gula dan susu. Bentuk cair buah tidak membuat perut kenyang cukup lama, malah Anda akan cepat lapar dan makan lebih banyak di siang hari.

7. Ubi

Ubi adalah salah satu sumber karbohidrat dengan serat tinggi. Ubi dapat menurunkan berat badan karena mengandung serat dan air yang cukup tinggi.

Selain memperhatikan menu sarapan sehat dan menjaga pola makan, olahraga rutin juga diperlukan dalam setiap program diet sehat yang dijalani. Lakukan olahraga rutin minimal lima hari dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Dengan kombinasi makanan sehat dan olahraga rutin maka memiliki berat badan ideal bukan impian lagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES