Wisata

Wisata Tirto Ageng di Probolinggo, Tempat Asyik Buat Refreshing

Selasa, 12 November 2019 - 20:05 | 674.39k
Suasana hutan di tempat wisata Tirto Ageng, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)
Suasana hutan di tempat wisata Tirto Ageng, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Jenuh dengan rutinitas harian dan ingin refreshing? Wisata Tirto Ageng di Desa/Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jatim, bisa jadi pilihan.

Sesuai namanya, Tirto yang berarti air, tempat wisata yang tak jauh dari Kantor Kecamatan Lumbang ini dipenuhi sumber mata air. Jernih dan segar. Anda bisa mandi, berenang, dan swafoto (selfie) di Pesanggrahan Kali Gedhe yang berada dalam satu lokasi.

Wisata-Tirto-Ageng-2.jpg

Di sana, ada sejumlah spot foto menarik, kesukaan generasi milenial. Ada ayunan, anjungan di tengah tumbuhan talas, hingga akar beringin yang menjuntai ke bawah.

Tempat wisata ini dikelola Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Lumbang. Luasnya sekitar 14 hektar. Selain kolam pemandian, Tirto Ageng meliputi bumi perkemahan, kolam pancing dan lapangan.

Selasa (12/11/2019), ratusan SDM Program Keluarga Harapan atau PKH Kabupaten Probolinggo, menggelar gathering di lokasi ini. Di bawah rerimbunan pohon, di antara sumber-sumber mata air, sambil rapat bulanan.

Wisata-Tirto-Ageng-3.jpg

"Tempatnya asyik, airnya jernih. Jadi ingin mandi biar segar," kata Ahmad Zubaidi, salah satu SDM PKH Kabupaten Probolinggo.

Kepala Desa Lumbang, Asmun, mengatakan, sumber mata air Tirto Ageng tak hanya dinikmati warga Desa Lumbang untuk kebutuhan konsumsi. Tapi juga beberapa desa lain, bahkan luar kecamatan.

"Ada sekitar 79 pipa di sini (Tirto Ageng, Red)," katanya kepada TIMES Indonesia.

Wisata-Tirto-Ageng-4.jpg

Pipa-pipa tersebut mengalirkan air ke Desa Tandon Sentul dan Purut, Kecamatan Lumbang. Juga ke Desa Sumberkare, Kecamatan Wonomerto; dan Desa Sumber Kramat, Kecamatan Tongas.Pipa-pipa tersebut terpasang sejak 1980-an.

Sebagai tempat wisata, Tirto Ageng dibenahi pada tahun 2017 atas kerjasama Perhutani Probolinggo dan LMDH Lumbang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES