Kopi TIMES

Kebijakan Sebagai Langkah Kemajuan Sebuah Negara

Selasa, 12 November 2019 - 03:09 | 154.57k
David Eko Prasetyo, Mahasiswa Unisma Malang
David Eko Prasetyo, Mahasiswa Unisma Malang

TIMESINDONESIA, MALANGDALAM buku “Kebijakan Publik, Evaluasi, Revormasi dan Formulasi” yang berisikan mengenai proses kebijakan publik dimana untuk menjawab persoalan-persoalan yang timbul di dalam kehidupan masyarakat dengan berbagai aspek yang berlaku di dalamnya. Kebijakan publik yang dijelaskan sebagai keputusan-keputusan yang dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kewenangan dalam pemerintahan yang artinya kebijakan publik sendiri tidak terlepas dari kebutuhan, tuntutan, kepentingan, dan agenda semua pihak dalam pemerintahan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Penulis mengungkapkan dalam bukunya bahwa kebijakan publik pastinya diikuti oleh reformasi dalam aspek-aspek kebijakan publik. Formulasi kebijakan, implementasi kebijakan, maupun evaluasi kebijakan adalah tindakan kebijakan publik yang dilakukan berdasarkan kepentingan terhadap publik, disamping itu, untuk membentuk sebuah pencapaian tujuan dari kebijakan tersebut agar tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan, karena dalam pengimplementasian kebijakan publik tentunya berdampak kepada masyarakat.

Dalam buku ini penulis berfokus terhadap tiga aspek yang sangat dominan dalam proses kebijakan publik, diantaranya Formulasi kebijakan, Reformasi kebijakan, Evaluasi kebijakan, yang mana dalam hal ini menjadikan proses kebijakan lebih tersistematis. Yang dimaksud sistematis dalam hal ini adalah bagaimana suatu proses kebijakan lebih didasari dari proses kebijakan-kebijakan yang sebelumnya, berawal dari sebuah proses pembentukan atau formulasi sebuah kebijakan yang berdasarkan kebutuhan masyarakat, Formulasi kebijakan dilakukan berdasarkan kebutuhan secara langsung atau tidak langsung diawali oleh proses pengamatan, penelitian, pengkajian dan berbagai analisis sebelum rumusan kebijakan itu ditetapkan.

Resensi-Buku-Kebijakan-Publik-David-EKo.jpg

Dan kemudian di implementasikan kepada masyarakat yang sebelumnya telah di Formulasikan. Dalam pengimplementasian ini sangat penting kiranya mengetahui sebuah kebijakan yang telah dibuat tersebut berjalan dengan baik, sehingga dari situ berlanjut dalam tahap Evaluasi, yang mana proses tersebut merupakan penilaian atas hasil kebijakan yang telah di Formulasikan. Dan bahwa evaluasi kebijakan adalah suatu kegiatan dalam pemberian nilai dengan sesuatu apa yang terlihat terkandung dalam pertimbangan nilai penilaian tertentu.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Tidak hanya itu buku ini juga memberikan pandangan yang cukup luas terkait pandangan kebijakan publik itu sendiri. Dalam defiisinya banyak pandangan terkait kebijakan publik yang bersumber dari beberapa ilmuan seperti smith dan larimer. kebijakan publik merupakan pilar penting dalam penyelenggaraan  suatu negara. Dalam bukunya proses sebuah kebijakan dalam pengkajian terhadap tujuan untuk mengintegrasikan dalam orientasi masalah dan kebijakan publik.

Sebagaian besar juga dijelaskan tentang langkah-langkah awal kemajuan sebuah negara. Dan kunci reformasi birokrasi juga sebagai sistem keberhasilan dalam sebuah pelayanan publik. Dalam buku “kebijakan publik, Evaluasi, Reformasi dan Formulasi menjelaskan bahwa Formulasi kebijakan publik merupakan kerangka dalam berfikir secara sistematis. Dan mempunyai konsekuensi logis dan dipertanggungjawabkan dalam suatu pelaksanaan dan menjadi solusi persoalan yang muncul.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kelebihan dari buku ini, banyak berbagai pandangan dari para ahli dan ilmuan yang ada, sehingga menambah literatur bagi pembacanya. Dan juga tata bahasa dari buku ini mudah untuk dipahami, materi yang tercantum didalamnya juga cukup lengkap dan sangat bermanfaat bagi para praktisi kebijakan publik maupun para akademisi, dan juga mahasiswa yang menempuh jurusan tersebut, dan juga dari berbagai penjelasan para ahli penulis menyimpulkannya sehingga mudah untuk memahami secara keseluruhan.

Dalam buku ini sulit untuk mencari kekurangan yang ada, karena buku ini cukup suskes dalam penulisannya, mampu menjelaskan secara terperinci terkait proses kebijakan publik, maupun kebijakan publik itu sendiri secara teoritis.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES