Pemerintahan Bondowoso Republik Kopi

Hadiri Selamatan Desa Gugur Gunung, Bupati Salwa Minta Pertahankan Tradisi

Senin, 11 November 2019 - 20:53 | 60.11k
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat memberikan sambutan dalam acara selamatan desa (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat memberikan sambutan dalam acara selamatan desa (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Ratusan masyarakat di Desa Ramban Kulon, Kecamatan Cerme Bondowoso, menggelar Selamatan Desa Gugur Gunung di Masjid Baitur Rahman, Senin (11/11/2019).

Selain kegiatan ritual, kegiatan tersebut menjadi ajang berkumpul. Mengingat dalam kegiatan itu, selalu ada tradisi makan bersama, dari gunungan yang dibawa warga.

Adapaun isi gunungam, adalah nasi lengkap dengan lauk pauknya, berikut juga buah-buahan. Yang kemudian, akan dibagikan sama rata untuk dikonsumsi ramai-ramai.

Sebelum itu, juga dilakukan ziarah makam Raden Asyari yang berada tak jauh dari lokasi acara.

KH-Salwa-Arifin-2.jpg

Panitia acara Gugur Gunung, Mursidi mengatakan, selamatan gugur gunung ini selalu dilaksanakan pada setiap tahun. Bahkan, ini diperkirakan telah berlangsung sejak puluhan tahun lamanya.  

"Selamatan desa ini diikuti oleh semua elemen masyarakat. Di mana nantinya selamatan tradisi ini, kita akan makan bersama, agar selalu terjalin kerukunan antarwarga," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin, dalam sambutannya, mengatakan bahwa selamatan desa ini identik dengan makan bersama yang memang telah menjadi tradisi para ulama dulu.

Karena itulah, Bupati Salwa mengharapkan agar masyarakat sekitar terus mempertahankan tradisi baik ini. "Teruslah pertahankan tradisi seperti ini karena semua ini adalah bentuk kerukunan  antarsesama," harapnya.

Tampak turut hadir dalam acara Selamatan Desa Gugur Gunung, Sekretris Dinas PMD M Asnawi Sabil, Forum Pimpinan Kecamatan wilayah setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES