Politik

Manuver Surya Paloh Karena Sakit Hati ke Jokowi?

Minggu, 10 November 2019 - 18:22 | 99.85k
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (FOTO: Istimewa)
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dinilai telah menggambarkan sosok Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai calon pemimpin masa depan dan sosok Presiden RI Jokowi adalah masa lalu yang sudah selesai.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, mengungkapkan bahwa Anies Baswesan termasuk salah satu yang membacakan naskah restorasi Nasdem. Kehadiran Anies Baswedan di acara Nasdem beberapa hari lalu bisa dilihat sebagai bangunan komunikasi politik hingga Pilpres 2024.

"Pada 2022, saya duga sudah dimulai arah ke Pilpres 2024. Dan bagi Nasdem, Anies ini sedang di atas daun, setiap hari diberitakan media. Dan it's ok kalau Anies adalah masa depan bagi Surya Paloh, Pak Jokowi sudah selesai. Wajar kalau Surya kepincut lah," ujarnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu (10/11/2019).

Menurut Pangi, berbagai manuver Nasdem belakangan ini bisa dipahami sebagai akumulasi sakit hatinya terhadap berbagai keputusan Jokowi belakangan ini. Dari lepasnya jabatan Jaksa Agung yang dulu diduduki kadernya, masuknya Gerindra ke kabinet dan berbagai saling sindir serta gimmick politik melibatkan Jokowi dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Pangi menilai, manuver-manuver politik demikian sama sekali tidak sehat. Bahkan Pangi menyebutnya sudah terjadi 'korslet' di internal koalisi pemerintahan.

"Ini kan sudah tidak sehat sih ke depannya. Di internal parpol koalisi sendiri saling sindir. Sehingga kabinet Jokowi tak ada honeymoon. Sudah banyak korsleting, arus pendek yang menyemburkan asap di mesin koalisi. Sebenarnya tak baik," kata dia.

Lebih jauh, Pangi menyatakan memang belum bisa disebut bahwa Nasdem akan tidak loyal kepada pemerintahan Jokowi ke depan. Diperlukan fase panjang sebelum memastikan siapa yang sebenarnya loyal atau tak loyal kepada pemerintahan.

Namun, Pangi mengatakan tak bisa dibantah pula bila ada sinyal kuat Nasdem akan mengikuti langkah PKS dan PAN di era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dahulu.

"Jadi dia (Surya Paloh) di dalam pemerintahan, tapi merecoki juga dari dalam. Tak tegak lurus terhadap presiden (Jokowi) Banyak berbeda kebijakan dengan pemerintahan, khususnya lewat parlemen. Memang ada gelagat ke sana. Tapi butuh waktu untuk benar-benar memastikannya," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES