Peristiwa Daerah

Peringati Hari Pahlawan, Dandim Jember: Veteran Contoh Teladan Bangsa

Minggu, 10 November 2019 - 16:10 | 90.60k
Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin menyerahkan bantuan kepada sejumlah veteran Kabupaten Jember pada peringatan Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019). (Foto: Humas Pemkab Jember for TIMES Indonesia)
Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin menyerahkan bantuan kepada sejumlah veteran Kabupaten Jember pada peringatan Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019). (Foto: Humas Pemkab Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin mengatakan bahwa para veteran merupakan contoh teladan bagi bangsa untuk mengisi kemerdekaan. “Harus mengisi dengan memberikan prestasi untuk bangsa ini,” katanya dalam Hari Pahlawan, Minggu (10/11/2019).

“Karena dengan prestasi yang membanggakan kita bisa memberikan warna bagi bangsa kita,” tambahnya.

La Ode menyatakan, rangkaian peringatan Hari Pahlawan dimulai dengan melakukan ziarah di TMP Patrang, Anjangsana di perwakilan veteran yang ada di Kecamatan Patrang, dan silaturahmi ke panti asuhan di  Patrang.

Kegiatan berkunjung ke veteran, terangnya, bertujuan menghormati sesepuh yang masih ada.

“Kami sebagai generasi penerusnya mencoba memberikan warna sebagai pahlawan masa kini, dengan meningkatkan kepedulian kepada veteran dan warakawuri yang ada,” ungkapnya.

Kepedulian itu telah ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember, dengan memberikan tali asih kepada para veteran dan warakawuri yang ada di Kabupaten Jember.

“Bagaimana kita bisa memiliki rasa peduli kepada para veteran yang ada, karena merekalah yang memberikan bukti nyata kepada bangsa,” lanjutnya.

Sebagai generasi muda, tegas La Ode, harus bisa melanjutkan cita-cita mereka yaitu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dandim menjelaskan, untuk menjaga keutuhan negara itu, khususnya Kabupaten Jember, dengan cara bersinergi.

“Artinya, kita jangan mudah terpecah belah dan terprovokasi. Kita adalah bangsa yang besar, cinta damai. Dengan kebersamaan, kita bisa menyelesaikan permasalahan yang ada untuk kemajuan bangsa dan Kabupaten Jember sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, Prayitno yang merupakan salah satu veteran tahun 1975, berharap kepada generasi muda untuk melanjutkan perjuangan.

“Untuk kelanjutannya, pancasila itu harus dijalankan dan diamalkan,” tegasnya.

Ketua Veteran Cabang Jember Sunyato berpesan agar generasi muda meneladani para pahlawan dan tidak melupakan sejarah.

Tentang tali asih dari Pemerintah Kabupaten Jember, Sunyato menyampaikan bahwa ini sebagai penghargaan. “Dukungan semangat dari bupati dan ini bentuk perhatian pemerintah,” jelasnya pada Hari Pahlawan di Jember (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES