Ketahanan Informasi Universitas Islam Malang

Implementasi Kebijakan Pemerintah dalam Mewudkan Pelayanan Good Governance

Minggu, 10 November 2019 - 08:13 | 178.95k
Implementasi Kebijakan Pemerintah dalam Mewudkan Pelayanan Good Governance
Nadiatussilmi (Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara FIA Unisma Malang). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

Pewarta: | Editor: AJP-5 Editor Team

TIMESINDONESIA, MALANGPADA dasarnya kebijakan publik mencakup berbagai sektor dalam pelayanan terhadap publik, dimana dalam suatu proses kebijakan publik yang ada dan tidak akan terlepas dari kebutuhan, tuntutan, dan kepentingan dari semua pihak dalam suatu pemerintahan.

Dalam buku yang berjudul kebijakan publik penulis membahas teori dan konsep yang bertujuan mengoptimalkan perkembangan suatu kebijakan publik dari evaluasi, reformasi dan formulasi terhadap suatu pelayanan. Kebijakan publik ada dengan suatu tujuan yaitu keputusan yang dibuat secara sistematik oleh pemerintah dengan tujuan tertentu sesuai dengan sistem pemerintahan yang layak bagi masyarakat. Maka sebab itu, kebijakan publik juga sangat penting dalam sistem pemerintahan untuk perkembangan, karena kebijakan tersebut dibuat dengan adanya masyarakat dan juga untuk masyarakat serta kesejahteraan masyarakat.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Masyarakat, dapat dikatakan bahwa masyarakat adalah sekelompok orang yang berada di suatu wilayah (daerah) yang kemudian menjadi satu yaitu masyarakat, masyarakat sendiri tidak akan bisa berjalan sesuai dengan harapan tanpa adanya suatu kebijakan dari pemerintah (pemimpin) karena semuanya berjalan sesuai arahan dari pemerintahan.

Sebagai penguat Hayat (2018) menberikan penguat tentang kebijakan yang merupakan keputusan-keputusan yang dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kewenangan dalam pemerintahan, baik bersifat formal maupun informal. Artinya, bahwa apa yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemerintah adalah kebijakan publik.

Buku-Kebijakan-Publik-25e1a0ad2a2c7ba4e.jpgBuku Kebijakan Publik (Penulis : Hayat, S.AP., M.Si. Dosen FIA Unisma Malang).(FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Ada juga pendapat yang mendefinisikan bahwa kebijakan merupakan keputusan-keputusan yang di ambil untuk kepentingan masyarakat luas, sedangkan kebijaksanaan adalah alternatif keputusan sebagai bentuk penghormatan atau faktor lainnya untuk memberikan rasa keadilan dan kebaikan bagi seseorang atau sekelompok orang terhadap proses kebijaksanaan yang dilakukan.

Dari definisi-definisi yang saya ambil dapat di tarik kesimpulan bahwa kebijakan adalah sebuah keputusan-keputusan yang dilakukan oleh pejabat yang berwenang untuk kepentingan-kepentingan publik yang diatur sedemikian rupa untuk dilaksanakan dan dipertanggung jawabkan sebagai konsekuensi logis dalam tindakan dan pernyataan oleh pemerintah.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kebijakan terhadap publik dapat dilihat dari alternatif yang diambil dalam suatu kebijakan, dimana banyak alternatif semakin baik dalam kebijakan. Hal ini bertujuan untuk mengukur seberapa baik dan berkualitas kebijakan yang diambil. Tentunya, pilihan kebijakan publik hampir dipastikan dapat dilaksanakan dengan baik karena pilihan alternatif itu dapat meliputi aspek keterlaksanaannya suatu kebijakan secara baik atau tidak. Indikator suatu keberhasilan kebijakan juga dapat diukur dengan berbagai pertimbangan dan pilihan lainnya.

Dapat dipastikan juga bahwa pilihan kebijakan yang diputuskan sudah diukur secara baik dan matang, ketepatan, kebaikan, keberhasilan dari uji coba akan menjadi indikator berhasil atau tidaknya suatu kebijakan.

Penulis memaparkan dari beberapa sub bab dalam buku kebijakan publik bahwa dalam melakukan suatu kebijakan publik, pemerintah hanya mengandalkan pejabat publik saja, dari perencanaan awal sampai pada perumusan kebijakan untuk masyarakat sebagai wujud pengalokasian nilai-nilai terhadap masyarakat.

Lebih dari yang saya ketahui bahwa apabila pemerintah memilih untuk melakukan suatu tindakan, maka tindakan yang diambil harus memiliki suatu tujuan, kebijakan publik yang diambil harus meliputi semua tindakan pemerintah, bukan hanya merupakan keinginan pejabat pemerintah saja, semakin pemerintah memperhatikan kepentingan rakyatnya (dalam usaha pemerintah menuju sistem yang demokratis), maka semakin banyak pula hal-hal yang harus di pertimbangkan oleh pemerintah, dari itu, suatu tindakan bersanksi pun akhirnya muncul di dalamnya, artinya jika pemerintah salah dalam mengambil suatu keputusan maka rakyat yang akan menjadi korban pertama.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Pemerintahan dalam Good governance yaitu sebuah pelayanan dimana disini pemerintah harus melayani publik semaksimal mungkin dan lebih mengedepankan kepentingan publik karena suatu kebijakan pemerintahan ada karena masyarakat dan untuk masyarakat. Sebagai penguat (Hayat: 2018) tentang makna publik yaitu rakyat, Negara, atau umum sesuai dengan konteksnya.

Pelayanan publik bisa mempunyai makna pelayanan kepada rakyat atau masyarakat, bisa juga mempunyai arti suatu pelayanan yang dilakukan oleh Negara atau bisa pula mengandung makna pelayanan umum. Indikator suatu pelayanan yang lebih mengedepankan masyarakat dan juga kepentingan publik harus diterapkan dalam suatu pemerintahan.

Dalam buku ini memberikan beberapa indikator dalam meningkatkan suatu pelayanan terhadap publik atau masyarakat yang dikutip dari beberapa ilmuwan, (Irawan, 2002; Muchsen, 2007), yaitu: Tangibles (sarana dan prasarana), Reliability (kemampuan), Responsiveness (kesanggupan), Assurance (kemampuan dan keramahan), Emphaty (tegas dan ramah).

Suatu pelayanan kebijakan publik penulis juga memaparkan tentang evaluasi kebijakan  dan penilaian kinerja. Evaluasi merupakan penilaian terhadap suatu persoalan yang umumnya menunjukkan baik dan buruknya persoalan. Evaluasi kebijakan pada dasarnya adalah suatu proses untuk menilai seberapa jauh suatu kebijakan membuahkan hasil, yaitu dengan membandingkan antara hasil yang diperoleh dengan tujuan atau target kebijakan yang ditentukan (Darwin, 1994).

Kinerja pelayanan sendiri adalah penilaian yang ada dalam suatu organisasi pemerintahan, setiap pemimpin juga perlu melakukan penilaian kinerja terhadap orang atau pekerja untuk memastikan apakah suatu pelayanan sudah dilakukan dengan baik dan memuaskan masyarakatnya. Penilaian kinerja juga menjadi salah satu sumber data bagi pemimpin untuk memberikan reward (hadiah) bagi yang berprestasi dalam menjalankan tugasnya dengan baik, serta memberikan sanksi (punishment) bagi yang melanggar ketentuan dan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku (Hayat, 2018).

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Buku ini sangat bermanfaat bagi semua kalangan remaja dan masyarakat yang ingin mengetahui sebuah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat, dalam buku ini penulis menjelaskan bahwa suatu kebijakan itu sangat penting dalam suatu pemerintahan, kebijakan dibentuk dengan adanya masyarakat dan untuk masyarakat.

Artinya pemerintah harus memenuhi pelayanan terhadap publik yang memadai dan tidak mengecewakan publik, dan mempunyai bukti penguat suatu gagasan penulis mencantumkan beberapa kutipan-kutipan serta undang-undang, namun yang membuat pembaca kebingungan karena bahasa yang digunakan penulis adalah bahasa baku yang sulit kita mengerti bagi kalangan remaja. Tetapi buku ini juga membantu akan kesadarannya masyarakat dan pemuda-pemuda tentang maraknya suatu kasus-kasus yang lagi pesat saat ini. (*)



Publisher : Sofyan Saqi Futaki
KOMENTAR

EKORAN

TERBARU

  • Penyaluran BLT di TTS, Janda Kalah Prioritas dari Anak Muda Belum Berkeluarga
    Penyaluran BLT di TTS, Janda Kalah Prioritas dari Anak Muda Belum Berkeluarga
    03/07/2020 - 20:33
  • Wali Kota Madiun Izinkan Karaoke Buka Lagi
    Wali Kota Madiun Izinkan Karaoke Buka Lagi
    03/07/2020 - 20:29
  • Pertama di Indonesia, TPKS Terapkan Join Inspection untuk Tekan Dwelling Time
    Pertama di Indonesia, TPKS Terapkan Join Inspection untuk Tekan Dwelling Time
    03/07/2020 - 20:25
  • Bawaslu Kabupaten Blitar Siap Kawal Proses Rekrutmen PPDP Pilkada Serentak 2020
    Bawaslu Kabupaten Blitar Siap Kawal Proses Rekrutmen PPDP Pilkada Serentak 2020
    03/07/2020 - 20:22
  • Rayakan HUT ke-18, Kabupaten Banyuasin Fokus Program Infrastruktur Bagus
    Rayakan HUT ke-18, Kabupaten Banyuasin Fokus Program Infrastruktur Bagus
    03/07/2020 - 20:18
  • Sambut New Normal, Polres Demak Bersih-bersih Masjid Agung Demak
    Sambut New Normal, Polres Demak Bersih-bersih Masjid Agung Demak
    03/07/2020 - 20:15
  • Musim Kemarau, BPBD Pamekasan Belum Lakukan Pendataan Kekeringan
    Musim Kemarau, BPBD Pamekasan Belum Lakukan Pendataan Kekeringan
    03/07/2020 - 20:12
  • MK Putuskan Wajib Nyalakan Lampu Motor Siang Hari, Polda Jateng: Jangan Didebat Lagi
    MK Putuskan Wajib Nyalakan Lampu Motor Siang Hari, Polda Jateng: Jangan Didebat Lagi
    03/07/2020 - 20:08
  • Bahas Perbaikan Sistem Hukum Kontrak, PERKAHPI Gelar Konferensi Nasional
    Bahas Perbaikan Sistem Hukum Kontrak, PERKAHPI Gelar Konferensi Nasional
    03/07/2020 - 20:05
  • Tim Paralayang Kota Batu Memulai Latihan Perdana
    Tim Paralayang Kota Batu Memulai Latihan Perdana
    03/07/2020 - 20:02

TIMES TV

Implementasi Pancasila dalam Dunia Pendidikan

Implementasi Pancasila dalam Dunia Pendidikan

30/06/2020 - 20:22

Pilkada Serentak 2020 di Papua. Sudah Tepatkah Waktunya?

Pilkada Serentak 2020 di Papua. Sudah Tepatkah Waktunya?
Ngevlog Bareng Owner Bubur Ayam Abah Odil

Ngevlog Bareng Owner Bubur Ayam Abah Odil
Peduli Kampung Tangguh, Ibu Panglima TNI Bantu Masker Batik untuk Warga di Malang

Peduli Kampung Tangguh, Ibu Panglima TNI Bantu Masker Batik untuk Warga di Malang
Menebalkan Alis dengan Tepat, Mata Terlihat Lebih Indah

Menebalkan Alis dengan Tepat, Mata Terlihat Lebih Indah

iGuides

  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20
  • Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    23/05/2019 - 15:05

KOPI TIMES

  • KH. Ja’far Shodiq Syuhud, In Memoriam
    KH. Ja’far Shodiq Syuhud, In Memoriam
    03/07/2020 - 17:09
  • Juni 2020, Bulan Kelabu Bagi PWNU Jatim
    Juni 2020, Bulan Kelabu Bagi PWNU Jatim
    03/07/2020 - 10:01
  • Belajar di Era Covid-19, Mahasiswa Baru Harus Menjemput Bola
    Belajar di Era Covid-19, Mahasiswa Baru Harus Menjemput Bola
    03/07/2020 - 09:18
  • Tafsir Sastra Ramayana (1) Mahkota Kearifan Guru
    Tafsir Sastra Ramayana (1) Mahkota Kearifan Guru
    03/07/2020 - 07:50
  • Reshuffle Kabinet: Antara Letupan Politik vs Letupan Kinerja
    Reshuffle Kabinet: Antara Letupan Politik vs Letupan Kinerja
    03/07/2020 - 01:19
  • Politik Simbol, Politik Banal?
    Politik Simbol, Politik Banal?
    02/07/2020 - 17:01
  • Bukan Dramaturgi Marah Jokowi
    Bukan Dramaturgi Marah Jokowi
    02/07/2020 - 15:11
  • Manajemen Krisis New Normal
    Manajemen Krisis New Normal
    02/07/2020 - 12:30
  • Bayi Zaskia Adya Mecca Alami Masalah Pernapasan
    Bayi Zaskia Adya Mecca Alami Masalah Pernapasan
    03/07/2020 - 20:36
  • PHDI Menilai Implementasi Pancasila Lebih Penting Ketimbang RUU HIP
    PHDI Menilai Implementasi Pancasila Lebih Penting Ketimbang RUU HIP
    03/07/2020 - 20:29
  • PLN Akui Rugi dan Terjadi Lonjakan Tagihan sebagai Imbas Covid-19
    PLN Akui Rugi dan Terjadi Lonjakan Tagihan sebagai Imbas Covid-19
    03/07/2020 - 20:22
  • Hadir Sidang Virtual Terbuka ITB, Jokowi Sampaikan Laporan Bank Dunia
    Hadir Sidang Virtual Terbuka ITB, Jokowi Sampaikan Laporan Bank Dunia
    03/07/2020 - 20:22
  • Cara Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion Tetap Bisa Bekerja saat Pandemi
    Cara Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion Tetap Bisa Bekerja saat Pandemi
    03/07/2020 - 20:21
  • Noda Militer Amerika, Kerahkan 5 Jet Tempur Terobos Langit Indonesia
    Noda Militer Amerika, Kerahkan 5 Jet Tempur Terobos Langit Indonesia
    03/07/2020 - 07:28
  • 3 Cara Rangsang Klitoris, Istri Bakal Mendesah Puas
    3 Cara Rangsang Klitoris, Istri Bakal Mendesah Puas
    03/07/2020 - 01:00
  • Grab Didenda Rp30 M, Hotman Paris: Preseden Buruk untuk Dunia Usaha RI
    Grab Didenda Rp30 M, Hotman Paris: Preseden Buruk untuk Dunia Usaha RI
    03/07/2020 - 12:45
  • Salut! Gak Cuma Setia, 4 Zodiak Ini Dikenal Paling Tulus
    Salut! Gak Cuma Setia, 4 Zodiak Ini Dikenal Paling Tulus
    03/07/2020 - 08:08
  • Hati-hati Beraktifitas Jelang Salat Jumat hingga Sore Nanti
    Hati-hati Beraktifitas Jelang Salat Jumat hingga Sore Nanti
    03/07/2020 - 10:43