Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

APTI Berharap, Tahun Depan Bibit Tembakau Petani di Bondowoso Jelas

Jumat, 08 November 2019 - 19:05 | 86.43k
APTI dan Dinas Pertanian memberikan edukasi dan pemahaman para petani tembakau di kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
APTI dan Dinas Pertanian memberikan edukasi dan pemahaman para petani tembakau di kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) berharap, tahun depan bibit tembakau petani di Bondowoso berkualitas. Mengingat selama ini, bibitnya masihnya tidak jelas.

Dalam rangka mewujudkan itu, APTI membangun kerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso.

Ketua APTI Bondowoso, Muhammad Yazid, mengatakan APTI dan Dinas Pertanian memberikan edukasi dan pemahaman para petani tembakau di kabupaten, bagaimana mendapat bibit tembakau yang unggul.

“Karena masih banyak petani tembakau di Bondowoso, yang masih menanam bibit tembakau asal-asalan,” paparnya.

Pihaknya menemukan, para petani maupun kelompok tani, masih banyak menanam tembakau yang bibitnya tidak jelas asal usulnya.

“Padahal menurut regulasi yang dianjurkan, bahwa bibit tembakau yang bisa ditanam hanya sampai 3 turunan,” terangnya.

Sehingga kata dia, identitas-identitas tembakau yang bagus menjadi jelas. Oleh karena itu, petani perlu diberikan bimbingan pembenihan tembakau.

“Selama ini pengguna tembakau atau pabrikan selaku pengguna, tidak mendapatkan kualitas tembakau yang diharapkan,” jelasnya.

Ketua APTI Bondowoso ini berharap, dengan penanaman tembakau dengan pola pembibitan yang bagus, karakter tembakau yang bagus bisa muncul di Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES