Pendidikan

SD Islam Baitul Mukmin Gelar Outing Class Day

Kamis, 07 November 2019 - 16:05 | 193.44k
Siswa SD Islam Baitul Mukmin Surabaya melakukan kegiatan belajar di luar ruangan pada Hari Anak Internasional, Kamis (7/11/2019).(Foto: SD Islam Baitul Mukmin)
Siswa SD Islam Baitul Mukmin Surabaya melakukan kegiatan belajar di luar ruangan pada Hari Anak Internasional, Kamis (7/11/2019).(Foto: SD Islam Baitul Mukmin)

TIMESINDONESIA, SURABAYASD Islam Baitul Mukmin sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan LP. Ma'arif NU Kota Surabaya, menggelar kegiatan belajar mengajar di luar ruangan (outing class day) dalam rangka peringatan Hari Anak Internasional, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan Sehari Belajar di luar kelas dilaksanakan di Halaman Sekolah PAUD-TK-SD Islam Baitul Mukmin didampingi oleh kepala sekolah, guru SDI dan bunda PAUD-TK.

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas himbauan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) untuk mengkampanyekan gerakan sehari belajar di luar kelas, yang dilakukan secara bersama-sama di seluruh Indonesia.

SD-Islam-Baitul-Mukmin-a.jpg

“Sehari belajar di luar kelas ini diikuti semua satuan pendidikan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar bukan di dalam kelas melainkan di luar kelas," ujar Lila Mufidah, S.Pd.I, selaku kepala sekolah SDI Baitul Mukmin.

Selain belajar beberapa mata pelajaran sekolah, para siswa juga akan didampingi oleh wali kelas masing-masing dan diwajibkan membawa bekal makanan dari rumah yang telah dipersiapkan. Belajar di luar kelas mampu membuat siswa melepaskan ketegangan, membangun suasana yang akrab.

SD-Islam-Baitul-Mukmin-b.jpg

"Guru tak hanya menyampaikan materi tetapi juga berinteraksi dengan siswa," katanya.

Outing class day dilaksanakan dalam rangka mengkampanyekan dan mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA) melalui sehari belajar di luar kelas. Dengan berbagai macam kegiatan diantaranya penyambutan siswa dengan 3S, baris berbaris disertai menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Syubbanul Waton, sholat dhuha, pembacaan Asmaul Husna dan Tahfidz, Olah Raga Germas, sarapan bergizi dan yang terakhir membersihkan lingkungan sekitar dengan cara jumput semut. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong anak peserta didik menerapkan dan berperilaku yang memenuhi beberapa unsur," sambunya.

SD-Islam-Baitul-Mukmin-c.jpg

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk pembentukan karakter positif, iman serta ketakwaan, perilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian, adaptasi perubahan iklim, permainan tradisional, cinta tanah air, gerakan literasi, pengurangan resiko bencana dan mendorong sekolah menjadi sekolah ramah anak.

SD-Islam-Baitul-Mukmin-d.jpg

Jadi, selain untuk meningkatkan pengetahuan dan tumbuh kembang anak, kegiatan Outing Class Day dalam rangka Hari Anak Internasional ini juga guna mendukung budaya cinta tanah air serta kreativitas dalam upaya penguatan pendidikan karakter siswa SD Islam Baitul Mukmin.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES