Ketahanan Informasi Universitas Islam Malang

Rantai Pembentuk Kebijakan Publik

Kamis, 07 November 2019 - 16:23 | 33.02k
Rantai Pembentuk Kebijakan Publik
Fahrudin Akmal (Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi publik FIA Unisma Malang). (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

Pewarta: | Editor: AJP-5 Editor Team

TIMESINDONESIA, MALANGKEBIJAKAN publik atau publik policy sering kita temui diberbagai ruang linkup administrasi publik. kebijakan publik tidak hanya menjadi instrumen untuk menjalankan kepentingan publik tetapi juga harus menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan oleh masyarakat dan menjadi solusi bagi masyarakat untuk menyelesaikan persoalan yang mereka hadapi.

Dalam proses pembuatan kebijakan publik sendiri tidak hanya akan melibatkan seseorang yang mempunyai kewenangan namun juga akan melibatkan masyarakat karena kebijakan yang diterapkan juga akan bertimbalbalik kepada masyarakat itu sendiri yang berupa kepuasan masyarakat

Berdasarkan berbagai definisi para ahli kebijakan publik, kebijakan publik adalah kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sebagai pembuat kebijakan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu di masyarakat di mana dalam penyusunannya melalui berbagai tahapan. Kebijakan menurut Dye adalah apa yang dilakukan atau yang tidak di lakukan oleh pemerintah.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dalam buku ini dijelaskan mengenai tiga hal yang paling berpengaruh dan telah menjadi satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya dalam proses suatu kebijakan publik. tiga organ penting yang sangat berpengaruh ini ialah formulasi kebijakan, reformasi kebijakan, serta evaluasi kebijakan. Ada dua hal penting yang perlu di reformasi yakni reformasi birokrasi dan reformasi administrasi. Kedua hal ini adalah poin paling penting dalam melakukan reformasi kebijakan publik.

Buku-Kebijakan-Publik-25e1a0ad2a2c7ba4e.jpg

Tujuan dari kebijakan publik adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat ada empat tujuan kebijakan publik, pertama, mendistrisbusikan sumberdaya secara nasional yang mencakup redstribusi dan absorpsi secara nasional. Kedua, untuk regulasi (mengatur), liberasi (pembebasan) dan deregulasi (kegiatan atau proses menghapuskan pembatasan atau peraturan). Ketiga, dinamika dan stabilitas. Keempat, memperkuat pasar dan negara. Namun kenyataannya kebijakan akan mengalami multifungsi untuk menjadikan kebijakan itu seimbang dalam mendorong kemajuan hidup bersama.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Selain tujuan kebijakan juga memiliki fungsi, fungsi dari kebijakan publik adalah untuk memberikan arah kerja atau kegiatan agar sesuai dengan apa yang menjadi keinginan pada aktor-aktor pembuat kebijakan. dalam menjalankan kebijakan publik perlu untuk menggabungkan tiga rantai kebijakan publik tersebut agar dapat membuat kebijakan yang lebih baik di era berikutnya.

Evaluasi merupakan penilaian terhadap suatu penilaian terhadap suatu persoalan yang umumnya menunjukkan baik dan buruknya persoalan tersebut dalam kaitannya dengan suatu program biasanya evaluasi dilakukan dalam rangka mengukur efek suatu program dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Hasil evaluasi ini akan membuat kebijakan baru yang akan lebih baik dan memperbaiki apa saja kekurangan yang terdapat pada kebijakan sebelumnya, atau akan meneruskan kebijakan yang lama jika memang kebijakan tersebut sudah benar dan sesuai,

Yang kedua adalah reformasi, reformasi adalah rancangan atau perubahan yang dilakukan agar kebijakan itu dapat lebih baik daripada sebelumnya, yang terkadang lebih sering dilakukan atas dasar tuntutan atau aspirasi. Reformasi ini akan menjadi kerangka dari tahap ketiga yakni formulasi, Target keberhasilan reformasi yang tercantum dalam Grand Design Reformasi harus menjadi tolak ukur keberhasilan serta menjadi bahan evaluasi untuk selanjutnya sehingga ada keberlanjutan dan terus berupaya menjadi lebih baik sebagai konsekuensi dari pencapaian good governance. Sehingga melihat dari hal diatas dapat dikatakan bahwa proses reformasi ini sebenarnya merupakan suatu proses yang menjembatani antar formulasi dan evaluasi kebijakan publik.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Dan yang terakhir adalah formulasi. Formulasi kebijakan adalah konsep untuk merencanakan apa yang akan diputuskan dan diambil kebijakannya. Dalam merencanakan kebijakan terdapat metode yang harus dilakukan Makmur dan Rohana Thahier (2016:31-34) adalah 1. Penafsiran fenomena 2. Penyusunan agenda kegiatan 3. Perumusan masalah 4. Identifikasi masalah 5. Pemecahan masalah 6. Teknik pengambilan keputusan 7. Penyusunan konsep kebijakan publik 8. Sosialisasi kebijakan publik 9. Pelegalisasian kebijakan publik (halaman 98-101). Dari proses itulah formulasi kebijakan di susun dan akan menjadikan kebijakan lebih baik dan sesuai kepada keadaan masyarakat

Dalam buku ini juga dijelaskan tentang pengertian penilaian kinerja, pelayanan publik dan good governance yang dimana tiga hal ini sangat berkaitan. Penilaian kinerja adalah suatu proses yang digunakan oleh pimpinan sebagai bagian dari suatu evaluasi terhadap kinerja untuk menentukan apakah seorang karyawan melakukan pekerjaan dengan baik atau tidak, apakah sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, dengan begitu tolak ukur baik buruknya kinerja karyawan adalah berhasil atau tidaknya pelayanan publik itu sendiri.

Diberbagai kasus tentang buruknya pelayanan publik masih menjadi tantangan bagi pemerintah, diberbagai sektor pelayanan masih ditemukan pelayanan yang tidak baik indikator pelayanan menurut pelanggan ada 5 yakni 1). Tangibles 2). Reliability 3). Responsiveness 4). Assurance 5). Emphaty. Jika itu semua terpenuhi dengan baik maka bisa memenuhi syarat sebagai good governance, prinsip good governance adalah 1. Partisipasi masyarakat 2. Tegaknya supremasi hukum 3. Transparansi 4. Peduli pada stakeholder 5. Berorientasi pada consensus 6. Kesetaraan 7. Efektitivitas dan efisiensi 8. Akuntabilitas 9. Visi strategis. Kualitas pelayanan publik wajib harus dipenuhi dan ditingkatkan dalam pelayanan kepada masyarakat pemerintah harus ber inovasi dan kreatif dalam meningkatkan pelayanan publik.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Buku ini dapat menjadi jembatan penghubung yang baik bagi masyarakat awam yang ingin mengerti bagaimana proses kebijakan itu dibuat dan buku ini juga bisa katakan dekat dengan kondisi di negara kita saat ini yang sedang gembar-gembor tentang pengambilan kebijakan. Dan bisa juga dijadikan solusi karena di buku ii juga terdapat bahasan tentang penilaian kinerja agar kinerja bisa lebih baik dan juga good governance. Kekurangan dari buku ini adalah banyak bahasa istilah yang kurang familiar dan pada desain layoutnya yang kurang modern. (*)



Publisher : Sofyan Saqi Futaki
KOMENTAR

EKORAN

TERBARU

  • How Much is Your Daily Dose of Exercise?
    How Much is Your Daily Dose of Exercise?
    01/06/2020 - 06:12
  • This is What Several Tourist Destinations in Wonosalam Do to Welcome The New Normal
    This is What Several Tourist Destinations in Wonosalam Do to Welcome The New Normal
    01/06/2020 - 05:32
  • Bloating Tummy and Its Prevention
    Bloating Tummy and Its Prevention
    01/06/2020 - 04:22
  • Jenang, a Wonderful Taste of Sticky Indonesian Toffee
    Jenang, a Wonderful Taste of Sticky Indonesian Toffee
    01/06/2020 - 03:34
  • Now You Could Put Keraton Kasepuhan Cirebon On Your Itinerary
    Now You Could Put Keraton Kasepuhan Cirebon On Your Itinerary
    01/06/2020 - 02:06
  • How to Stay Healthy After Ramadhan
    How to Stay Healthy After Ramadhan
    01/06/2020 - 01:12
  • Bakmi Jawa Pak Dhe Dhepis Jogja, Tetap Semangat Buka di Tengah Wabah Covid-19
    Bakmi Jawa Pak Dhe Dhepis Jogja, Tetap Semangat Buka di Tengah Wabah Covid-19
    01/06/2020 - 00:28
  • Dakwah Islam Moderat di Eropa, NU Inggris Dukung Terjemah al-Qur'an ke Bahasa Rumania
    Dakwah Islam Moderat di Eropa, NU Inggris Dukung Terjemah al-Qur'an ke Bahasa Rumania
    31/05/2020 - 23:50
  • Istri Wali Kota Tidore Kepulauan Meninggal, Ali Ibrahim Dampingi Istrinya Hingga Tutup Usia
    Istri Wali Kota Tidore Kepulauan Meninggal, Ali Ibrahim Dampingi Istrinya Hingga Tutup Usia
    31/05/2020 - 23:44
  • Siap Menuju New Normal, Ini Promo Khusus Bagi Tamu Parangraja Hotel
    Siap Menuju New Normal, Ini Promo Khusus Bagi Tamu Parangraja Hotel
    31/05/2020 - 23:31

TIMES TV

Sehari, Kapolresta Malang Kota Resmikan Empat Kampung Tangguh

Sehari, Kapolresta Malang Kota Resmikan Empat Kampung Tangguh

20/05/2020 - 21:40

Kemenparekraf RI: Kampung Tangguh Siap Digaungkan di Nasional

Kemenparekraf RI: Kampung Tangguh Siap Digaungkan di Nasional
Gubernur Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Narubuk Sukun Kota Malang

Gubernur Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Narubuk Sukun Kota Malang
GM FKPPI Bantu Beras 2 Ton, Minyak dan Gula Untuk MBLC

GM FKPPI Bantu Beras 2 Ton, Minyak dan Gula Untuk MBLC
Alumni Sanmar-86 Malang Bantu 40 Paket Sembako Untuk MBLC

Alumni Sanmar-86 Malang Bantu 40 Paket Sembako Untuk MBLC

iGuides

  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20
  • Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    Cari Hotel di Kota Pendidikan? iGuides: Hotel Savana Malang Recommended Lima Star
    23/05/2019 - 15:05

KOPI TIMES

  • Simalakama New Normal
    Simalakama New Normal
    31/05/2020 - 12:03
  • Bekal untuk Meraih Keberhasilan Hidup
    Bekal untuk Meraih Keberhasilan Hidup
    31/05/2020 - 08:47
  • Menjaga Sektor Produksi dengan Bantuan Sosial untuk Pelaku Usaha
    Menjaga Sektor Produksi dengan Bantuan Sosial untuk Pelaku Usaha
    31/05/2020 - 06:06
  • Menormalisasi Kondisi Abnormal
    Menormalisasi Kondisi Abnormal
    31/05/2020 - 05:10
  • Virus Corona di Media: Media Tak berimbang, Bikin Masyarakat Bimbang
    Virus Corona di Media: Media Tak berimbang, Bikin Masyarakat Bimbang
    31/05/2020 - 03:22
  • Revitalisasi Nilai Pancasila di Tengah Wabah Corona
    Revitalisasi Nilai Pancasila di Tengah Wabah Corona
    31/05/2020 - 01:17
  • Sembilan Nasehat Imam Syafii
    Sembilan Nasehat Imam Syafii
    30/05/2020 - 17:24
  • Hidden Games: Peran Media yang Sebenarnya
    Hidden Games: Peran Media yang Sebenarnya
    30/05/2020 - 15:50
  • Netizen Geger Wajah Tamara Bleszynski Tak Berubah Ikut Oplas Challenge
    Netizen Geger Wajah Tamara Bleszynski Tak Berubah Ikut Oplas Challenge
    01/06/2020 - 06:45
  • Ngaku Kopassus, Tentara Gadungan Diciduk Saat Berduaan Bareng Kekasih Gelap
    Ngaku Kopassus, Tentara Gadungan Diciduk Saat Berduaan Bareng Kekasih Gelap
    01/06/2020 - 06:42
  • Kurang Ajar! Baru Bebas Penjara, Napi Asimilasi Setubuhi Anak Calon Istri
    Kurang Ajar! Baru Bebas Penjara, Napi Asimilasi Setubuhi Anak Calon Istri
    01/06/2020 - 06:34
  • Gagang Pintu Harus Dilapisi Tembaga untuk Cegah Covid-19, Ini Alasannya
    Gagang Pintu Harus Dilapisi Tembaga untuk Cegah Covid-19, Ini Alasannya
    01/06/2020 - 06:33
  • Pagi Ini, Polisi Rilis Penangkapan Seorang Artis Atas Kasus Narkoba
    Pagi Ini, Polisi Rilis Penangkapan Seorang Artis Atas Kasus Narkoba
    01/06/2020 - 06:30
  • Mengapa Angka Penularan Corona di Jatim Naik Lagi Naik Lagi
    Mengapa Angka Penularan Corona di Jatim Naik Lagi Naik Lagi
    01/06/2020 - 00:20
  • 47 Kata Perpisahan ke Icardi yang Bikin Inter Terlihat Bodoh
    47 Kata Perpisahan ke Icardi yang Bikin Inter Terlihat Bodoh
    01/06/2020 - 00:30
  • Aduh Tikus-tikus Makin Agresif Saat Pandemi Corona, Ngeri Campur Jijik
    Aduh Tikus-tikus Makin Agresif Saat Pandemi Corona, Ngeri Campur Jijik
    01/06/2020 - 01:08
  • Kode Misterius Bintang Atletico Madrid, Resmi Gabung MU?
    Kode Misterius Bintang Atletico Madrid, Resmi Gabung MU?
    01/06/2020 - 03:46
  • Comeback Mike Tyson Diselimuti Teror Tewas di Atas Ring
    Comeback Mike Tyson Diselimuti Teror Tewas di Atas Ring
    01/06/2020 - 02:12