Pendidikan

SMPN 10 Surabaya Bersiap Menuju Sekolah Ramah Anak

Rabu, 06 November 2019 - 13:47 | 448.41k
SMP Negeri 10 Surabaya saat Deklarasi Sekolah Ramah Anak (FOTO: May/TIMES Indonesia)
SMP Negeri 10 Surabaya saat Deklarasi Sekolah Ramah Anak (FOTO: May/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYASMPN 10 Surabaya, Jawa Timur bertekad menjadi sekolah ramah anak. Ini dilakukan untuk mendukung Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia , Nomor 8 tahun 2014 tentang kebijakan sekolah ramah anak.

Plt. Kepala SMPN 10 Surabaya, Kasimin, S.Pd, menyampaikan untuk menuju Sekolah Ramah Anak, sekolah mengawalinya dengan deklarasi Sekolah Ramah Anak yang diikuti seluruh warga sekolah.  Selanjutnya dilaksanakan penandatanganan komitmen anti kekerasan, vandalisme, premanisme, bullying, hoax, pornografi dan narkoba pada banner warna putih oleh seluruh peserta deklarasi.

Dian Eko Restino, S.Pd, Gr., Sekretaris tim Sekolah Ramah Anak SMPN 10 Surabaya mengatakan, kegiatan deklarasi Sekolah Ramah Anak dan penandatangan komitmen ini bertujuan untuk mengikrarkan kesepakatan bersama dari semua pihak untuk mewujudkan sekolah yang nyaman dan aman bagi siapapun yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam lingkup sekolah.

SMP-Negeri-10-Surabaya-saat-Deklarasi-Sekolah-Ramah-Anak-a.jpg

“Kita harus merubah paradigma dan pola berfikir siswa bahwa sebenarnya guru itu adalah sahabat dan partner bagi siswa dalam mencari ilmu, sosok yang ramah dan menyenangkan, sehingga akan timbul keterikatan batin antara siswa dengan guru yang menjadikan hubungan antara keduanya menjadi akrab, tetapi tetap dalam koridor kesopanan,” kata Dian, yang juga merupakan guru Bimbingan dan Konseling SMPN 10 Surabaya, Rabu (6/11/2019).

Program lainnya untuk mendukung Sekolah Ramah Anak ini adalah penanaman karakter dengan penyambutan kedatangan siswa setiap pagi oleh guru dengan 5S (Salam Senyum Sapa Sopan Santun), kegiatan keagamaan dan anekan kegiatan penguatan karakter dan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat minat peserta didik.

SMP-Negeri-10-Surabaya-saat-Deklarasi-Sekolah-Ramah-Anak-b.jpg

“Semoga dengan adanya Sekolah Ramah Anak ini siswa-siswi SMPN 10 Surabaya merasa lebih nyaman berada di sekolah untuk belajar karena para guru dan karyawan memperlakukan kami dengan baik dan ramah,” ujar Nouval Achmad, Ketua OSIS. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES