Peristiwa Daerah

Hari Ini, 286 Desa di Jombang Gelar Pesta Demokrasi

Senin, 04 November 2019 - 13:36 | 124.02k
Antusias warga dalam penyelenggaraan pesta demokrasi tingkat desa Plaza UNIPDU Jombang. (FOTO: Moh Ramli/ TIMES Indonesia)
Antusias warga dalam penyelenggaraan pesta demokrasi tingkat desa Plaza UNIPDU Jombang. (FOTO: Moh Ramli/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Hari ini Senin (4/11/2019) setidaknya sebanyak 286 desa di Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggelar Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) secara bersamaan.

286 desa tersebut tersebar di hampir seluruh kecamatan. Dari pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB masyarakat mulai berbonding-bondong menuju ke TPS di desa mereka masing-masing.

Pilkades.jpg

Dari pantauan TIMES Indonesia, seperti yang nampak di Plaza Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (UNIPDU), Peterongan, Jombang. Meski berpanas-panasan, ratusan warga yang memiliki hak pilih sudah berjubel mengantre di TPS. Mereka akan memilih salah satu dari tiga calon yang ada, sesuai keinginan dan harapannya masing-masing.

Pilkades serentak mendapat pengawalan ketat sekitar 1.750 personel dari Kepolisian serta ratusan personel gabungan dari beberapa unsur lainnya seperti TNI maupun petugas Linmas.

Kapolres Jombang, AKBP Bobby Paludin Tambunan mengatakan, pola pengamanan tersebut dilakukan sesuai dengan hasil pemetaan atau maping tingkat kerawanan masing-masing Desa. Dimana ada Desa yang dikategorikan sebagai Desa aman, rawan dan sangat rawan.

“Yang sagat rawan kami petakan ada lima Desa, tapi kami tidak bisa sebutkan, ini pola pengamanannya yang sangat rawan kami terjunkan satu pleton anggota Brimob (30 orang), dari anggota ada sepuluh serta ditambah dari TNI dan Linmas, patroli juga kami tingkatkan sejak H minus satu,” terangnya.

Diharapkan, pelaksanaan Pilkades serentak di Jombang ini akan berjalan aman dan kondusif sampai tahap penetapan dan pelantikan Kades terpilih mendatang.

“Dan sejumlah potensi kainya. Kalau yang calon hanya dua kemudian pasangan suami istri, bapak anak pola pengaman cukup empat sampai anggota saja,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Pilkades serentak itu setidaknya menelan biaya hingga Rp 13,85 miliar. Sebanyak 791 calon Kepala Desa akan bertarung. Dari jumlah itu, 226 di antaranya cakades petahana.

"Anggaran untuk bantuan keuangan khusus Pilkades sebesar Rp 13.850.000.000," kata Kepala Bidang Bina Aparatur Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Jombang Rika Paur Fibriyamusi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Jombang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES