Glutera News

Niacinamide, The Super Ingredient dalam Skincare

Senin, 04 November 2019 - 10:15 | 16.51k
Niacinamide, The Super Ingredient dalam Skincare
FOTO: Glutera
Editor: Deasy Mayasari

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salycilic acid dan benzoyl peroxide sudah dikenal sebagai bahan-bahan yang berguna untuk mengobati kulit berjerawat. Tapi, apakah Anda sudah tahu tentang niacinamide? Bahan yang satu ini juga sangat bermanfaat bagi kulit berjerawat, lho. Niacinamide bahkan cocok untuk tipe kulit apapun karena mampu menyeimbangkan kelembapan kulit. Tertarik untuk membeli produk skin care yang mengandung niacinamide ini? Simak dulu yuk, hal-hal tentang niacinamide dalam skincare yang perlu Anda ketahui.

Niacinamide bisa ditemukan dalam makanan seperti daging, ikan, susu, telur, sayuran hijau dan biji-bijian. Tapi, niacinamide akan bekerja lebih efektif pada kulit jika digunakan secara topikal (penggunaan luar).

Zat yang satu ini bisa ditemukan dalam kebanyakan jenis skincare mulai pembersih, serum, dan daily cream. Niacinamide disebut dapat mengatasi garis halus, hiperpigmentasi, jerawat, kulit berminyak, dehidrasi, dan warna kulit yang tidak merata.

Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Niacinamide alias niacinamida adalah salah satu bentuk vitamin B3. Jenis vitamin B3 ini juga lebih sering dikenal dengan sebutan niasin.

Niacinamida atau niasin kini sangat mudah ditemukan pada berbagai jenis skin care. Pasalnya, ada banyak manfaat niacinamide yang dinilai ampuh mempercantik kulit, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Melembapkan kulit

Dilansir dari Healthline, manfaat niacinamide yang paling kentara adalah efeknya dalam melembapkan dan menghaluskan kulit. Ketika dioleskan pada kulit, produk kecantikan yang mengandung niacinamida ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat niacinamide ini juga bisa diraih oleh Anda yang punya masalah jerawat. Pasalnya, jenis vitamin B3 ini ampuh membantu mengatasi jerawat, eksim, dan rosacea. Rosacea itu sendiri adalah penyakit kulit umum yang menyebabkan wajah dan hidung jadi kemerahan.

3. Menyamarkan noda hitam

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan 5 persen niacinamida dapat membantu mencerahkan kulit, lho. Ini karena niacinamida merangsang produksi kolagen kulit sehingga noda hitam bekas jerawat jadi tersamarkan. Namun ingat, hasilnya tidak instan, ya. Manfaat niacinamide ini biasanya akan terlihat setelah Anda rutin menggunakan produknya minimal 4 minggu.

4. Mencegah kanker kulit melanoma

Niacinamida yang berbentuk suplemen terbukti dapat mempercepat perbaikan DNA kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. Atas dasar itulah, para pakar kesehatan berhasil membuktikan bahwa niacinamida ampuh mencegah kanker kulit melanoma.

5. Dapat mengurangi kemerahan pada wajah

Senyawa ini dapat mengurangi kemerahan pada wajah karena ia memiliki zat yang bisa mengurangi inflamasi. Inflamasi pada wajah dapat terjadi karena polusi, udara, debu dan lain sebagainya. Maka dari itu kandungan anti-inflamasi pada vitamin B3 atau niacinamide dapat mengurangi efek kemerahan yang ditimbulkan dari inflamasi.

6. Melawan penuaan dini

Penggunaan niacinamide secara teratur dapat melawan penuaan dini. Hal ini dikarenakan niacinamide dapat merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit sehingga meningkatkan elastisitas yang dimiliki oleh kulit.

7. Memperbaiki lapisan kulit

Niacinamide juga membantu dalam perbaikan kulit dengan cara merangsang produksi ceramide di dalam membran sel kulit. Sehingga kulit akan terjaga kelembabannya dan lapisan kulit akan menjadi lebih sehat.

8. Membuat pori-pori tampak lebih kecil

Vitamin B3 atau niacinamide dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil. Hal ini dikarenakan senyawa niacinamide akan membantu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit sehingga membuar pori-pori tampak lebih kecil.

Berapa Lama Hasil Niacinamide Bisa Dilihat?

Dikutip dari stylist.co.uk, pada sebuah penelitian ditemukan bahwa manfaat Niacinamide akan memperlihatkan hasil yang nyata setelah 8-12 minggu pemakaian. Agar lebih aman, baiknya pilihlah produk perawatan dengan kandungan Niacinamide sebanyak 5% saja. Konsentrasi dalam takaran ini sudah efektif dan bebas dari risiko iritasi.

Bisakah Niacinamide Memutihkan Kulit?

Fungsi Niacinamide bukan untuk memutihkan kulit. Namun mampu memudarkan flek hitam yang diakibatkan oleh tanda-tanda penuaan ataupun sengatan sinar matahari sehingga wajah akan tampak lebih cerah. Terlebih lagi, menggunakan skincare dengan kandungan Niacinamide mampu mengusir masalah hiperpigmentasi yang sangat sulit dihilangkan atau biasa disebut dengan melasma. (*)


jakarta Glutera Glutera News Niacinamide skincare
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Reaksi Anda
KOMENTAR

EKORAN

TIMES TV

Kontes Robot Nasional

Kontes Robot Nasional

21/11/2019 - 20:33

Wisata Precet Forest Park

Wisata Precet Forest Park
Fashion Show Sawah

Fashion Show Sawah
Wisata Pantai Ngliyep

Wisata Pantai Ngliyep
Pizza Gunung Berapi

Pizza Gunung Berapi