Kopi TIMES

Pancasila sebagai Ideologi

Senin, 28 Oktober 2019 - 16:54 | 645.99k
ILUSTRASI - Pancasila. (FOTO: Istimewa)
ILUSTRASI - Pancasila. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Dalam buku Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi Ini, menyampaikan tentang arti penting Pancasila sebagai ideologi bangsa. Apalagi di masa sekarang pemahaman tentang ideologi sudah mulai terdoktrin oleh hal-hal dari luar yang bukan termasuk pemahaman pancasila.

Pancasila sendiri berisi aturan atau norma yang menjadi pengatur atau tuntunan masyarakat disegala sisi. Apabila pemahaman ini sudah tercampur atau berubah ke hal yang negatif, maka akan merubah seluruh pandangan bangsa terhadap pancasila.

Pancasila sebagai ideologi bangsa, hal ini merupakan suatu landasan bagi bangsa untuk menentukan cita-cita dan tujuan bangsa itu sendiri serta memahami bagaimana cara bertindak untuk bangsa.

Ideologi sebagai penuntun untuk menghadapi perubahan maupun semua hal yang berasal dari luar untuk disaring atau diaspirasi sesuai bangsa Indonesia. Pada hakikatnya ideologi pancasila merupakan hasil refleksi manusia berkat kemampuannya menghadapi perubahan dalam hidupnya.

Setiap makna atau kandungan dalam sila-sila pancasila, memiliki hubungan erat dengan masyarakat berbangsa. Entah itu dalam bidang agama, ekonomi, politik dan lainnya tidak bisa lepas dari pancasila. Misalnya dalam bidang politik, pengembangan dan pembangunan harus berdasarkan pada tututan rakyat  atau yang bisa disebut dengan moralitas politik negara. 

Pancasila merupakan ideologi yang Reformatif, Dinamis dan Terbuka, artinya pancasila merupakan ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan serta dinamika yang terjadi dimasyarakat.

Keterbukaan ini bukan semata-mata mengubah kandungan yang ada dalam sila pancasila, namun lebih membuka lebar wawasannya secara lebih kongkrit  untuk memecahahkan masalah yang muncul di masyarakat akibat perkembangan zaman.

Di dalam buku ini juga dijelaskan lebih dalam, pancasila sebagai paradigma atau tuntunan di segala bidang bahkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini sudah banyak penemuan baru namun belum tentu sesuai dengan pandangan ideologi pancasila. (*)

*Peresensi: Siti Fatimatuzzahrok, Universitas Islam Malang

Data Buku 
Judul         : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Penulis     : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mariyadi, S.H., MH., Prof. Dr. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. H. Suratman, S.H., M.Hum., Drs. H. Mohammad Bakar Misbakul Munir, M.H., Umar Said Sugharto, S.H., M.H., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.H., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhudha Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.,
Penyunting    : Hayat dan H. Suratman
Penerbit     : Baskara Media, Aditya Media Grub
Tahun Terbit    : Cetakan Pertama, Juli 2018
Ukuran     : 15 x 23 cm
Jumlah     : xii + 382 halaman

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES