Gaya Hidup

Bahaya Melakukan Eksfoliasi Setiap Hari untuk Kulit Wajah

Jumat, 25 Oktober 2019 - 01:22 | 278.61k
Ilustrasi.
Ilustrasi.

TIMESINDONESIA, JAKARTAEksfoliasi atau pengelupasan kulit merupakan salah satu cara yang sering dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati. Cara ini biasanya dilakukan pada area kulit wajah. Namun, tahukah Anda jika eksfoliasi ini tidak boleh dilakukan setiap hari?

Salah satu metode eksfoliasi yang kerap dilakukan di rumah adalah menggosok kulit dengan skrub (scrubbing). Selain membantu mengangkat kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori sekaligus membukanya, scrubbing memungkinkan kulit untuk bernapas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan yang nantinya diaplikasikan.

Seberapa sering kita bisa melakukan skrub wajah?

Dermatolog dr. Nana Novia Jayadi, Sp.KK mengatakan scrubbing tidak boleh dilakukan setiap hari karena bisa merusak kulit.

"Penggunaan scrub bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit sehingga kulit tampak lebih cerah. Tetapi apabila dilakukan secara berlebihan, proses eksfoliasi ini justru dapat merusak barier kulit sehingga menyebabkan kulit kering, iritasi, kemerahan hingga memicu timbulnya jerawat," ujar dr Nana.

Scrubbing berlebihan juga bisa menyebabkan kulit jadi lebih mudah keriput karena efek kulit kering.

Daripada menggosok kulit wajah dengan skrub setiap hari, ia menyarankan untuk mencuci wajah dua kali sehari dengan sabun wajah khusus.

Pilih sabun pembersih kulit wajah yang busanya seminimal mungkin, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif. Busa mengandung detergen. Semakin banyak detergen, akibatnya kulit menjadi kering dan terasa keset. Itu biasanya sensasi yang disukai, padahal sebaiknya dihindari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES