Pendidikan

Tumbuhkan Semangat Jihad Santri, SMK Manbaul Ulum Gelar Lomba Sambut HSN 2019

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 18:06 | 14.19k
Tumbuhkan Semangat Jihad Santri, SMK Manbaul Ulum Gelar Lomba Sambut HSN 2019
Kepala Cabang Dinas Jawa Timur Wilayah Bondowoso, Mahrus Syamsul saat memberikan sambutan. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Pewarta: Moh Bahri | Editor: Faizal R Arief

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Banyak nilai-nilai positif, termasuk perjuangan yang diajarkan ke pada santri. Untuk terus menumbuhkan hal itu, SMK Manbaul Ulum Tangsil Wetan Kecamatan Wonosari Bondowoso, menggelar lomba dalam rangka Hari Santri Nasional Tahun 2019 (HSN 2019).

Lomba tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh lembaga di bawah Ponpes Bupati Salwa Arifin ini, dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Jawa Timur Wilayah Bondowoso, Mahrus Syamsul, Sabtu (19/10/2019).

Dalam sambutannya, Mahrus Syamsul mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan sebuah prestasi yang sangat bagus. “Ini upaya yang sangat bagus dari teman-teman yang ada di  pondok pesantren Manbaul Ulum, terutama di SMK Manbaul Ulum,” katanya.

Kepala-Cabang-Dinas-Jawa-Timur-b.jpg

Dia sangat mengapresiasi, karena dengan kegiatan ini, diharapkan para generasi harus bersatu jangan mudah terprovokasi, sebagaimana yang diharapkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

“Dengan kegiatan yang positif ini anak-anak jelas ndak mikirin itu lah (provokasi). apalagi ini untuk memperingati hari santri nasional. Kan kita tahu, dulu waktu kemerdekaan ini partisipasi dari santri luar biasa,” jelasnya.

Momen ini kata dia, untuk menumbuhkan kembali semangat santri dan ulama, dalam memperjuangkan agama, bangsa dan negara.

“Kemerdekaan itu, ada pangeran Diponegoro, kan juga ulama, ada kiai Mojo dan lain-lain, itu juga ulama,” sambungnya.

Diakui Mahrus, bahwa lomba dalam rangka HKN di SMK Manbaul Ulum ini baru pertama kali, apalagi yang tingkatnya kabupaten.

“Tahun kemarin belum ada. Pihak lembaga tadi menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari kepala cabang dinas di kegiatan ini. Bagi saya ini pertama kali di SMK Manbaul Ulum,” sambungnya.

Dia berharap, lomba dalam rangka HSN ini menjadi awal yang baik, serta terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Manbaul Ulum Tangsil Wetan, Hairul Baqi menjelaskan, bahwa kegiatan ini lebih untuk membangun silaturrahim antarsiswa dari setiap lembaga di Bondowoso. “Tujuan kegiatan ini, untuk membangun nilai-nilai ukhuwah islamiyah, antara peserta didik,” jelasnya.

Di sisi lain, Ketua Panitia Lainy Oktalia mengatakan, bahwa ada empat kategori lomba. Yakni pidato bahasa Inggris, puisi dan tartil tingkat SMP/MTs sederajat. Serta sepak bola mini tingkat SMK/SMA sederajat.

“Dikuikuti total sekitar 150 peserta. Tujuannya umtuk mengokohkan jiwa kepesantrenan melalui event lomba,” jelasnya.

Lomba dalam rangka HSN 2019, di SMK Manbaul Ulum Tangsil Wetan Wonosari dimulai sejak 16 Oktober kemarin, dan puncaknya 22 Oktober besok. Adapun temanya, ‘Mengokohkan jiwa pemimpin berkarakter santri dalam menghadapi tantangan zaman’.(*)


bondowoso SMK Manbaul Ulum HSN 2019
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso
Reaksi Anda
KOMENTAR

EKORAN

TIMES TV

Kontes Robot Nasional

Kontes Robot Nasional

21/11/2019 - 20:33

Wisata Precet Forest Park

Wisata Precet Forest Park
Fashion Show Sawah

Fashion Show Sawah
Wisata Pantai Ngliyep

Wisata Pantai Ngliyep
Pizza Gunung Berapi

Pizza Gunung Berapi